PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM TERHADAP WANITA LANJUT USIA DI PANTI SOSIAL

Muhammad Iqbal

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Agama Islam terhadap wanita lanjut usia di Panti Sosial Tresna Werdha Balai Kasih (Panti Jompo Bireuen). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian (field research). Proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa, 1) Panti Sosial Tresna Werdha Balai Kasih (Panti Jompo Bireuen) adalah panti sosial yang mempunyai tugas memberikan bimbingan dan pelayanan bagi lanjut usia terlantar agar dapat hidup secara baik. Pada awalnya Panti Sosial Tresna Werdha Balai Kasih (Panti Jompo Bireuen) bernama Sarana Tresna Werdha (STW), kemudian pada tahun 2001, Departemen Sosial RI merubah nama Sarana Tresna Werdha menjadi Panti Sosial Tresna Werdha Balai Kasih, 2) Pembelajaran Agama Islam terhadap wanita lanjut usia di Panti Sosial Tresna Werdha Balai Kasih (Panti Jompo Bireuen) meliputi pembelajaran Alquran, ibadah, dan tauhid/aqidah. Sistem pembelajarannya dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode contoh/suri tauladan, serta metode demonstrasi atau praktek langsung, serta menggunakan metode bimbingan kelompok dan bimbingan individu. 3) Pembelajaran Agama Islam terhadap wanita lanjut usia di Panti Sosial Tresna Werdha Balai Kasih (Panti Jompo Bireuen) lebih difokuskan kepada pemantapan tata laksana ibadah dan baca Alquran dengan baik. Tgk M. Kasem selaku pengajar di Panti Sosial Tresna Werdha Balai Kasih (Panti Jompo Bireuen) menyampaikan materi wudhuk, tayamum, dan shalat dengan metode demontrasi, Tgk. M. Kasem mempraktekkan tata cara wudhuk dan tayamum yang benar dihadapan ibu-ibu lansia.

Kata Kunci: Pembelajaran Agama Islam

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah Nashih Ulwan, Pendidikan Anak Dalam Islam, Solo: Insan Kamil, 2015

Ali Munhanif, Mutiara Terpendam, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002

Ali Abdul Halim Mahmud, Jalan Dakwah Muslimah, Solo: Era Intermedia, 2007

Aidh bin Abdullah Al-Qani, Membina Rumah Tangga Bahagia, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2011

Badawi Mahmud Syaikh, Riyadhu As-Salihat Taman Wanita-wanita Saleh, Jakarta: Qisthi, 2007

Direktorat Jenderal Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Pedoman Bimbingan Sosial Psikososial di Panti Sosial Tresna Werdha, Jakarta, Depsos RI, 2009

Elie Mulyadi, Buku Pintar Membina Keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah Bimbingan Mamah Dedeh, Jakarta: Gramedia Pustaka, 2011

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, cet ke-11, Jakarta; RajaGrafindo Persada, 2013

Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, cet, II, Yokyakarta; Pustaka Pelajar, 2007

Muhammad Haitsam Al-Khayyatth, Problematika Muslimah di Era Modern, Jakarta: Erlangga, 2007

Muhammad Noor, Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan, 2010

Sadari, Hak Perempuan Untuk Pendidikan dan Pengajaran Dalam Perpektif Islam, Jurnal Al-Murabbi, Vol 2, No.1, LPPM STIT Islamiyah Ngawi, 2015

Siti Rahmah, Pembinaan Keagamaan Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera, Jurnal Ilmu Dakwah Vol. 12 No. 23, Januari – Juni 2013

Shofria Ihda Mahayyun, Pelaksanaan Pembinaan Keagamaan Para Lansia Muslim di Panti Sosial Tresna Werdha Yokyakarta Unit Budhi Luhur Kasihan Bantul, Yokyakarta, Skripsi, Yokyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kali Jaga Yokyakarta, 2008

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Jakarta; Alfabeta, 2010

Syamzan Syukur, Perempuan dalam LIntas Sejarah (Studi atas Peran Publik Sahabiyah-sahabiyah di Masa Rasulullah Saw), Jurnal Pusat Studi Gender STAIN Pekalongan, Vol. 6, No. 1, 2014

Teungku Saifullah, Nalar Pendidikan Islam Ikhtiar Memahami Pendidikan Islam dalam Berbagai Perspektif, cet.I, Bandung: Ciptapustaka Media Perintis, 2011


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.