MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM IMPLIMENTASI PBM MELALUI SUPERVISI PENGAJARAN DI SMP NEGERI 3 WOYLA BARAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sufendi Sufendi

Sari


Penelitian Tindakan Sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam
menyusun RPP dan melaksanakan pembelajaran di dalam kelas pada SMP Negeri 3 Woyla Barat
Tahun Pelajaran 2021/2022 melalui supervisi pengajaran. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan sekolah (PTS). Penelitian ini dilakukan oleh Kepala Sekolah terhadap guru-guru di SMP
Negeri 3 Woyla Barat Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini lebih menekankan pada pembinaan
terhadap guru dalam meningkatkan kemampuan profesional guru dalam menyusun RPP, dan
melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. Tempat penelitian tindakan sekolah ini penulis lakukan di
SMP Negeri 3 Woyla Barat Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah guru-guru SMP
Negeri 3 Woyla Barat Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah sebanyak 9 orang baik guru PNS
maupun guru Honor Daerah (Honda ). Berdasarkan analisis data menunjukkan kemampuan guru
mengalami peningkatan yang sangat signifikan, baik kemampuan dalam membuat RPP maupun
kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas pada Siklus I, rata-rata nilai
kemampuan guru dalam menyusun RPP hanya (77%) atau kategori cukup saja. Tetapi, setelah
dilakukan perbaikan pada siklus II, kemampuan guru dalam menyusun RPP dapat ditingkatkan,
sehingga memperoleh rata-rata nilai sebesar (87%) atau kategori sangat baik. Selanjutnya setelah
dilakukan perbaikan pada siklus III, kemampuan guru dalam menyusun RPP dapat ditingkatkan lagi
menjadi (97%). Demikian halnya dengan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan
pembelajaran di dalam kelas juga mengalami peningkatan yang signifikan. Pada siklus I, rata-rata
kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas hanya sebesar (79%) atau
kategori cukup saja. Tetapi setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, kemampuan guru dalam
melaksanakan pembelajaran di dalam kelas meningkat menjadi (86%) atau kategori baik. Selanjutnya
setelah dilakukan perbaikan pada siklus III kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran di
dalam kelas dapat di tingkatkankan menjadi (98%) dengan kategori amat baik.

Kata Kunci: Supervisi Pengajaran, Kemampuan Guru


Teks Lengkap:

PDF PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.