PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI IMAN KEPADA HARI AKHIR KELAS XII MIA.1 SMA NEGERI 1 KAWAY XVI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Suarni Suarni

Sari


Pendidikan dan pembelajaran merupan satu kesatuan yang saling terkait. Pembelajaran merupakan wujud dari pelaksanaan pendidikan. Gagne, Briggs, dan Wager dalam Winataputra (2007:19) berpendapat bahwa pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa. Hasil belajar PAI siswa kelas XII IIS.1 SMA Negeri 1 Kaway XVI dalam memahami materi beriman kepada hari akhir masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Hambatan dapat berasal dari guru dan siswa itu sendiri. Hambatan dari guru antara lain guru menggunakan metode secara monoton. Guru kurang memahami metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Sebagai guru hendaknya pandai dalam memilih metode, teknik, maupun model pembelajaran sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Sedang hambatan dari siswa antara lain: motivasi belajar siswa rendah; kreatifitas siswa dalam pembelajaran masih kurang. Untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam memahami PAI perlu menggunakan “Metode Diskusi”. Dengan menggunakan ”Metode Diskusi” kemampuan siswa dalam memahami materi beriman kepada hari akhir diharapkan dapat meningkat. Oleh karena itu, dalam penelitian ini bertujuan memberikan sumbangan informasi dan pemikiran tentang bagaimana ”Metode Diskusi” digunakan dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila rata-rata nilai tes hasil belajar siswa pada materi iman kepada hari akhir di atas nilai KKM, yaitu 75 dan siswa yang mendapat nilai di atas KKM minimal sebanyak 75%. Pada akhir Siklus III diperoleh data: rata-rata hasil belajar siswa 86,58 dan jumlah siswa yang sudah tuntas adalah seluruh siswa 38 siswa atau 100%. Jadi, berdasarkan data pada siklus III Penelitian Tindakan Kelas ini dikatakan telah berhasil.

 

Kata Kunci : Peningkatan, Prestasi, Diskusi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Din Wahyudin. 2007. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hera Lestari Mikarsa. 2007. Pendidikan Anak SMP. Jakarta: Universitas Terbuka.

IGK Wardani, dkk. 2008. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1995). Jakarta: Balai Pustaka.

Leo Sutrisno, Krisnadi Hery, Kartono. 2007. Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP. Jakarta: Depdiknas.

Ngalim Purwanto. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rinek Cipta.

Sri Anitah, W . 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Reflika Aditama Suprijono, Agus.2011. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syaodih, Nana. Sikap Belajar Siswa Aktif dan Motivasi dari Guru dengan Prestasi Belajar, Bandung: IKIP.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.