UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING MATERI BARISAN DAN DERET DI KELAS X MIA.2 SMA NEGERI 1 MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Syarifah Meriya

Sari


Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing pada materi Barisan dan Deret di SMA Negeri 1 Meulabohpada kelas X MIA.2 yang berjumlah 32 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Barisan dan Deret. Dari hasil pengamatan dan penilaian hasil belajar siswa dengan penerapan model kooperatifSnowball Throwing, dilakukan penilaian kognitif dimana nilai KKM nya 75. Dari hasil penilaian tersebut, ternyata hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu Pra siklus, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 43,75% (14 siswa), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 56,25% (18 siswa), sedangkan pada akhir siklus I, sebanyak 78,12% (25 siswa) dan sebanyak 21,87% (7 siswa) belum mencapai ketuntasan belajar dan pada akhir siklus II, sebanyak 96,87% (31 siswa) dan sebanyak 3,12% (1 siswa) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian, upaya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing di SMA Negeri 1 Meulabohdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA.2pada materi Barisan dan deret..

 

Kata Kunci:      Kooperatif, Snowball Throwing, hasil belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfianti, M. 2007. Metode-Metode Dalam Pembelajaran Matematika, (Online)(http://jawapos.co.id., diakses 18 April 2008).

Arikunto. S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Jailani. 2003. Jurnal Jaringan Penelitian Pendidikan Dan kebudayaan Volum VII, Jakarta. Depdiknas.

Johar, R., Nurfadhilah, dan L. Hanum. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh : FKIP Universitas Syiah Kuala.

Kiranawati. 2007. Model-model pembelajaran, (Online), (http://Learning with me. Spot.com., diakses 18 April 2008).

Lie, A. 2003. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Lewin, K. 1990. Action Research and Minority Problems. Victoria: Deakin University

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Natboho. 2006. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperative Tipe Snowball Throwing, (Online), (http://duniaguru.com., diakses 3 Mei 2010).

Nur, M. 1998. Pendekatan-pendekatan Konstruktivis dan pembelajaran dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Roestiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwiyadi. 2007. Penerapan Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Matemtika, (Online), Jilid 2, No.2, (http//:jurnaljpi.com., diakses 25 April 2010)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.