UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN REALISTIK PADA SISWA KELAS XII IIS.1 SMA NEGERI 1 KAWAY XVI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Dewi Usriati

Sari


Pembelajaran akan bermakna apabila guru melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. hasil observasi menunjukkan bahwa guru belum melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran sehingga hasil belajar ekonomi masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi melalui Pembelajaran Ekonomi Realistik pada siswa kelas XII IIS.1 SMA Negeri 1 Kaway XVI. Hasil belajar yang digunakan meliputi hasil belajar kognitif dan sikap siswa selama mengikuti pembelajaran. Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model Kemmis & McTaggart dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas XII IIS.1 SMAN 1 Kaway XVI yang berjumlah 34 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar ekonomi melalui pembelajaran ekonomi realistik. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar ekonomi siswa kelas XII IIS.1 SMAN 1 Kaway XVI dapat meningkat setelah diberi tindakan melalui pembelajaran ekonomi realistik. Pembelajaran ekonomi realistik yang digunakan adalah menggunakan masalah nyata dalam kehidupan, menggunakan alat peraga, mendiskusikan hasil, menemukan konsep, kemudian guru memperkenalkan prosedur baku dan mengaitkan konsep lain dalam matematika yang berhubungan. Siswa tidak langsung mendapatkan rumus tetapi terlebih dahulu siswa telibat langsung melakukan pengamatan menggunakan alat peraga dan diskusi kelompok sehingga menemukan konsep. Dengan demikian, Pembelajaran Ekonomi Realistik dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XII IIS.1 SMAN 1 Kaway XVI.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Ekonomi Realistik, Hasil Belajar, Meningkat.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antonius Cahya Prihandoko. (2006). Memahami konsep matematika secara benar dan menyajikannya dengan menarik. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.

Arif Rohman. (2009). Memahami Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.

Ariyadi Wijaya. (2012). Pembelajaran Matematika Realisik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Daitin Tarigan. (2006). Pembelajaran Ekonomi Realistik. Jakarta: Depdiknas Dwi Siswoyo, dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

John W. Santrock. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Lorin W. Anderson. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nana Sudjana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Ngalim Purwanto. (2006). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya.

Nyimas Aisyah, dkk. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.

Oemar Hamalik. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rita Eka Izzaty dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta. UNY Press.

Shigeo Katagiri. (2004). Mathematical Thinking and How to Teach It. Tokyo: University of Tsukuba.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Depdiknas: Jakarta. Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.