MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FUNGSI KOMPOSISI PESERTA DIDIK KELAS X IPA1 SMA NEGERI 3 MEULABOH DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS

Mlb Darmawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meminimalkan kesulitan belajar siswa dalam bidang studi matematika dan seterusnya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, kegiatannya dilaksanakan dalam proses pembelajaran, dengan memaksimalkan keaktifan peserta didik, pendidik hanya sebagai fasilitator dan motivator. Dalam pembelajaran konstruktivis siswa belajar dengan mengalami sendiri dan membangun pengetahuan sendiri dari pengalaman yang dialaminya, dan pada akhirnya belajarnya bermakna, bila belajarnya bermakna maka kesulitan belajar siswa teratasi.Siswa dinyatakan berhasil dalam pembelajaran yang peneliti lakukan jika: (1) Nilai hasil test mencapai ≥ 75, (2) Nilai afektif dari hasil observasi terhadap proses pembelajaran mencapai ≥ 13, (3) Nilai angket untuk mengetahui respons siswa dalam pembelajaran mencapai ≥ 26.Penelitian ini dinyatakan berhasil jika terjadi siswa yang dinyatakan berhasil dalam pembelajaran dari siklus I sampai dengan siklus III pada tiga penilaian yang penulis tetapkan terhadap penelitian tindakan ini mengalami peningkatan (jumlahnya semakin banyak).Dari hasil penelitian diperoleh gambaran, siswa memperoleh ≥ 75 pada siklus I sebesar 3 siswa (23,08%), siklus II sebesar 6 siswa (46,15%) dan siklus III sebesar 11 siswa (84,62%). Dari hasil observasi diperoleh gambaran adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran yaitu pada siklus I sebesar 5 siswa (38,47%), siklus II sebesar 7 siswa (53,84%) dan siklus III sebesar 11 siswa (84,62%). Adapun hasil dari angket tentang respons siswa terhadap pembelajaran diperoleh gambaran pada siklus I sebesar 6 siswa (46,16%), siklus II sebesar 8 siswa (61,43%) dan siklus III sebesar 11 siswa (84,62%).

 

Kata kunci:Belajar, peserta didik, konstruktivis


Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dahar, Ratna. 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. 1993. Kurikulum 2004 Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Pendidikan Ekonomi. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2004. Model-model Pembelajaran Ekonomi. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nurhadi dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Prawiradilaga, Dewi Salma. 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Raihan. 2008. Keefektifan Model Pembelajaran Contekstual Teaching and Learning (CTL) pada Materi elektro Valensi di MTs Negeri 2 Takengon, Skripsi. Banda Aceh: IAIN Ar-Raniry.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sulfayani. 2020. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Materi stokiometri Siswa Kelas X SMA Bina Generasi Bangsa Seunagan, Skripsi. Banda Aceh: Universitas Muhammadiyah Aceh.

Sunarto. Pendekatan Pembelajaran. http://banjarnegarambs.wordpress.com, diakses tanggal 30 Juni 2011.

Suprayetno. 2020. Jurnal Paedagogic, Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Melalui ModelPembelajaran dengan Pendekatan Investigasi. Asahan: FKIP Universitas Asahan.

Syahza, Almasdy. Pembelajaran Kontekstual. http://almasdi.unri.ac.id, diakses tanggal 17 Oktober 2011.

Tafsir, Ahmad. Pendidikan Ekonomi di Sekolah. http://www.google.co.id/url, diakses tanggal 30 Januari 2011.

Toharuddin. Penerapan Pembelajaran Kontekstual. http://www.puskur.net, diakses tanggal 20 Januari 2011.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.