PENERAPAN STRATEGI CRITICAL INCIDENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI AKHLAK DI KELAS XII IIS-1 SMA NEGERI 2 MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Azhar Azhar

Sari


Telah dilakukan penelitian tentang penerapan strategi pembelajaran Critical Incident, pada materi Akhlak di SMA Negeri 2 Meulaboh pada kelas XII IIS yang berjumlah 37 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada materi Akhlak. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan strategi Critical Incident,, dilakukan penilaian kognitif. Dari hasil penilaian tersebut, ternyata hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu dari 25% pada Pra siklus  dan 60% siklus I selanjutnya menjadi 90% pada siklus II. Sedangkan pada aktifitas guru mengajar pada  Pra siklus mencapai 73,7% (cukup baik), kemudian meningkat pada siklus I dengan persentase 94,7% (baik), selanjutnya mencapai 96,1% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Critical Incident, di SMA Negeri 2 Meulaboh pada kelas XII IIS-1dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Aspek Akhlak.

 

Kata Kunci:      Critical Incident, hasil belajar, Akhlak.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, cet. 4, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.

Ahmadi, Abu, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Bandung: Armico, 1986.

Anderson, Ronal H, Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers, 1987.

Angkowo Robertus dan A. Kosasih, Optimalisasi Media Pembelajaran. Mempengaruhi Motivasi, Hasil Belajar dan Kepribadian, Jakarta: Grasindo, 2007.

Arikunto, Suharsimi, et all Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta Rajawali Pers: 2009.

Barizi, Ahmad, Menjadi Guru Unggul, Bagaimana menciptakan pembelajaran yang Produktif & Profesional, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2009.

D. Crow, Leatar & Alice Crow, Psikologi Pendidikan, Jokjakarta: Nur Cahaya, 1989.

Esa Nur Wahyuni, Baharuddin, Teori Belajar dan Pembelajaran, cet-3, Jogjakarta; ar-Ruz Media, 2008.

Fathurrohman, Pupuh dan M. Sorby Sutikno, strategi belajar mengajar: Melalui Penanaman Konsep umum dan Konsep Islami, Cet 2 . Bandung: PT. Refika Aditama, 2007.

Hafiduddin, Didin, Dakwah Aktual, Jakarta: Gema Insani Press, 1998.

Hamalik, Oemar, Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, cet. 1, Jakarta: Bumi Aksara, 2000

Jabir Al-Jairi, Abu Bakar, Pedoman Hidup Muslim, Jakarta: Pustaka Litera Antar Nusa, 1996.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.