UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE MIND MAP (PETA PIKIRAN) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MATERI TA’ARUF KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 2 MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Aan Sudarjah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Arab siswa kelas X MIA 1 di SMA Negeri 2 Meulaboh dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan metode Mind Map (peta pikiran). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas X MIA 1 di SMA Negeri 2 Meulaboh.  Penelitian terdiri dari dua siklus, siklus 1 terdiri dari satu kali pertemuan, dan siklus 2 terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,dan tes. Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan metode Mind Map (peta pikiran) guna meningkatkan prestasi belajar Bahasa Arab siswa, dilakukan dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: (1) Mempelajari konsep suatu materi pelajaran, (2) Menentukan ide-ide pokok secara berkelompok, (3) Membuat atau menyusun peta pikiran mengunakan media Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan (4) Presentasi kelompok di depan kelas Pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 66,66% (20 siswa), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 33,33% (10 siswa), sedangkan pada akhir siklus II, sebanyak  90,0% (27 siswa) dan sebanyak 10, 00% (3 anak) belum mencapai ketuntasan belajar. Adapun hasil non tes pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung.  Berdasarkan data hasil observasi prestasi, rata-rata hasil tes siklus dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa meningkat setelah belajar menggunakan metode Mind Map (peta pikiran).

 

Kata kunci: hasil belajar, aktifitas siswa, Hasil belajar, Map mapping.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiningsih, C. Asri. 2006. Belajar dan Pembelajaran, PT. Rineka Cipta, Cet. I. Jakarta

Buzan. Tony dan Barry. 2004. Memahami Peta Pikiran : The Mind Map Book. Batam: Interaksa.

Buzan. Tony. 2004. Mind Map: Untuk meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta, Cet. III.

Erman Suherman, dkk. 2001. Srategi Belajar Mengajar Kontemporer. Bandung : JICA.

Iwan Sugiarto. 2004. Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berfikir Holistik dan Kreatif. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Jensen. Eric dan Karen Makowitz. 2002. Otak Sejuta Gygabite: Buku Pintar Membangun Ingatan Super. Bandung : Kaifa.

Mulyasa. 2007. Menjadi guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Nana Sudjana. 1987. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Nana Syaodih Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosdakarya. Oemar Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Oemar Hamalik. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Pardjono, dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: LP UNY

Porter. De Bobbi dan Hernacki. 1999. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : Kaifa.

Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variable-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Siti Partini dan Rosita E. K. 2002. Pembelajaran Modul Mata Kuliah Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : FIP UNY.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sutari Sumarmo. 2004. Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Makalah: Disampaikan pada seminar tanggal 8 Juli di FMIPA UNY.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.