PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DENGAN PEMBINAAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PADA SEKOLAH SD NEGERI 5 MAKMUR TAHUN 2019

Muhammad Ali Muhammad Ali Muhammad Ali

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini berjudul ” Peningkatan Kompetensi Guru Dengan Pembinaan Melalui Supervisi Akademik Pada Sekolah Dasar Negeri 5 Makmur Tahun 2019” yang bertujuan Untuk meningkatkan kompetensi guru dengan pembinaan melalui supervise akademik pada SD Negeri 5 Makmur Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan oleh Pengawas Sekolah sebagai peneliti. Subjek penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri 5 Makmur. Hasil observasi menunjukkan bahwa pembinaan dengan supervisi akademik SD Negeri 5 Makmur Tahun 2019 belum dapat meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Di mana hasil obervasi yang dilakukan oleh pengamat terhadap aktivitas guru pada program perencanaan pembelajaran diperoleh persentase adalah 60% dan Observasi yang dilakukan pengamat pada program pelaksanaan pembelajaran terhadap aktivitas guru diperoleh persentase adalah 55% kemudian pada program penilaian pembelajaran diperoleh persentase adalah 60% guru belum mendapat nilai persentase  > 65% hal ini tidak sesuai target yang di harapkan. Dengan demikian, pelaksanaan siklus I tidak berhasil dan perlu dilakukan pengulangan siklus. Hasil pelaksanaan tindakan siklus II yang meliputi observasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil observasi menunjukkan bahwa pembinaan dengan menggunakan supervisi akademik SD Negeri 5 Makmur Tahun 2019 dapat meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Di mana hasil obervasi yang dilakukan oleh pengamat terhadap aktivitas guru pada program perencanaan pembelajaran diperoleh persentase adalah 90% dan Observasi yang dilakukan pengamat pada program pelaksanaan pembelajaran terhadap aktivitas guru diperoleh persentase adalah 90% kemudian pada program penilaian pembelajaran  diperoleh persentase adalah 100%. Dengan demikian pelaksanaan tindakan siklus II sudah berhasil dan tidak perlu dilakukan pengulangan siklus karena hasil observasi telah mencapai > 75% dan guru yang mendapat > 65% telah mencapai > 75%.

 

Kata Kunci: Peningkatan, Kompetensi guru, pembinaan, supervise akademik.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Asrori, Muhammad. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Wacana Prima.

Alfonso, Firth, dan Neville (2005: 45),. Bimbingan Kearah Belajar Sukses, Bandung : Aksara Baru

Dimyati, 2002. Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta

Boediono, 1998. Pembinaan Profesi Guru dan Psikologi Pembinaan Personalia, Jakarta ; Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar (2007: 45). 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Salemba Empat.

Prokton and W.M. Thornton 1983. Latihan Kerja Buku Pegangan Bagi Para Manager. Jakarta : Bina Aksara.

Suryasubrata (2005:4-5). Managemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : STIE YPKN.

Sudjana (2006: 76),. ........... Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Sungkowo M, ........... Perangkat Penilaian Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.