PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MIA.2 SMA NEGERI 1 MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT

Rofiana Rofiana Rofiana

Sari


ABSTRAK 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses dan hasil peningkatan penguasaan mufradat bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan media Flashcard. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA.2 yang berjumlah 26 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh yaitu 68,96% dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh yaitu 82,80%. Hasil ini menunjukkan bahwa penguasaan mufradat bahasa Arab siswa mengalami peningkatan dengan menerapkan media Flashcard dalam pembelajaran bahasa Arab.

 

Kata kunci: Media flashcard, penguasaan mufradat

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Zainal, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya

Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167-182.

Hasnida. (2014). Media Pembelajaran Kreatif, Jakarta: PT Luxima Metro Media

Islami, M. F. (2018). Implementasi Media Flash Card Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, 8(1).

Jumriana. (2019). Penerapan Media Kartu Bergambar dalam Penguasaan Kosakata (Mufradât) Bahasa Arab Kelas VII MTs. Skripsi. Universitas Negeri Makassar

Khoiriyah, S. A. (2013). Pemanfaatan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Siswa Kelas VII A MTs N NGemplak Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mubarok, Z. (2018). Pengaruh Minat Membaca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Berpidato Survey Pada Siswa MAN di Jakarta. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 2(1), 201-225.

Ningrum, Epon. 2009. Pe nelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Suryani, Setiawan & Putria. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Zulhanan. (2015). Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.