UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI PERILAKU JUJUR DAN PERINTAH BERBAKTI KEPADA ORANG TUA DAN GURU DI KELAS XII MIA.2 SMA NEGERI 1 BUBON

Neti Herawati Neti Herawati Neti Herawati

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Bubon selama tiga bulan sejak bulan Februari sampai April 2020 bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII MIA.2 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi perilaku jujur dan perintah berbakti kepada orang tua dan guru melalui penerapan model discovery learning pada SMA Negeri 1 Bubon. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas XII MIA.2 SMA Negeri 1 Bubon tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 22 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi  dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus 2. Melalui penerapan model discovery learning dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Perilaku jujur dan perintah berbakti kepada orang tua dan guru bagi siswa kelas XII MIA.2 pada SMA Negeri 1 Bubon diperoleh hasil tes pada siklus I  dengan persentase ketuntasan sebesar 68,2% nilai rata-rata kelas sebesar 73 dan meningkat pada hasil tes siklus II sebesar 90,9% dengan nilai rata-rata kelas 83,2. Pada kedua siklus ini terjadi perubahan aktifitas dan perolehan nilai yang signifikan bila dibandingkan dengan pra siklus dengan ketuntasan belajar yang hanya mencapai 40,9% dan nilai rata-rata adalah 63,2. Dengan demikian  melalui penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII MIA.2 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Perilaku jujur dan perintah berbakti kepada orang tua dan guru pada SMA Negeri 1 Bubon. Selain itu,  hasil pengamatan  pada proses belajar mengajar  memperlihatkan perubahan siswa lebih aktif pada siklus I dan siklus II.

 

Kata Kunci : Model, Discovery learning, Hasil Belajar, Perilaku 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Ariyanto. 2008. Hubungan Antara Sempitnya Lapangan Pekerjaan dengan Kecemasan

Menghadapi PHK. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta :Fakultas Psikologi UMS.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar ProsesBelajar Mengajar. Bandung. Sinar

Baru Algensindo

Sobry, Sutikno. 2009. Belajar dan Pembelajaran , Prospect. Bandung, 2009

Rahmi, Elvi. 2012. Efektifitas Implementasi Model pembelajaran Direct Instructions Ditinjau Dari Hasil Belajar Ranah Kognitif Applying Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal pendidikan , (Online), vol.10, no.1. (http://journal.pendidikan.ac.id/index.ph p//article/download, diakses pada tanggal 28 Februari 2014

Sardiman. 2011. Interaksi&Motivasi Belajar mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.