UPAYA MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA DENGAN PENERAPAN TEKNIK KONSELING “SELF MANAGEMENT” PADA KELAS X IIS SMA NEGERI 2 SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Eva Yusanti Eva Yusanti Eva Yusanti

Sari


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik konseling Self Management dapat mengurangi  perilaku membolos peserta didik Kelas X di SMA Negeri 2 Seunagan Kabupaten Nagan Raya Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran umum masalah perilaku membolos muncul pada siswa kelas X IIS, yaitu: 4  siswa dengan perilaku membolos tinggi dan 9 siswa dengan tingkat perilaku membolos sedang. Pada siklus 1 setelah diberikan perlakuan teknik konseling Self Management didapat 9 siswa dengan perilaku membolos  sedang dan 5 siswa dengan perilaku membolos rendah. Dan pada siklus 2 setelah dilakukan perbaikan teknik konseling Self Management maka diperoleh 5 siswa dengan perilaku membolos pada tingkat sedang, 8 siswa rendah dan 2 siswa sangat rendah. Dari hasil penelitian yang diperoleh didapat pengurangan tingkat perilaku membolos sehingga penelitian ini dapat memberikan rekomendasi: (1) untuk pihak sekolah perlunya perbaikan dan dukungan terhadap mekanisme pemberian bimbingan dan konseling demi perbaikan siswa, (2) untuk konselor perlunya bersikap inovatif dalam melaksanakan tindakan konseling seperti melalui teknik konseling Self Management.

 

Kata Kunci : Perilaku Membolos, Teknik Konseling Self Management


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Cormier, L.J. & Cormier, L.S. (1985). Interviewing Strategies for Helpers. Second Edition, Montery, California: Brooks/Code Publ. Co.

Wahib.,dkk. (2012). Model Konseling Kognitif-Perilaku untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Disertasi PPB FIP UPI Bandung:Tidak diterbitkan.

Jessica, (1999). History of Membolos, http://tharsis-gate.org/articles/ imaginary/HISTOR-3HTM

Mahoney, M.K. & Thorensen, C.E. (1974). Self-Control: Power to the Person. Monterey, California: Brooks/Cole Publishing Company.

Nelson, (2006). Self Management. [Online]. Tersedia: http://www.azamsite. com/index.php/artikel/50-selfmanagement. (4 November 2006)

Rahmayani N, Roza. (2011). Pengembangan Program Konseling untuk Siswa yang Mengalami Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder (BDD) dengan Menggunakan Teknik Self-Management. SkrIISi PPB FIP UPIBandung: Tidak Diterbitkan.

Shelton, J.L. (1979). Behavior Modification for Counseling Centers: A Guide forProgram Development. Washington DC: ACPA-APGA.

Smet (2000). Gambaran Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wanita Dewasa Muda Dalam Mengambil Keputusan Mengkonsumsi Rokok (Jenis Lights Atau Non Lights). [Online]. Tersedia: http://akademik.nommensen-id.org/portal/public.../8_Karina_B.doc. [16 Februari 2015].

Yates, B.T. (1985). Self-Managrement: The Science and Art! of HelpingYourself. Berlmont, California: Wardsworth Publ. Co., A Division ofWardsworth, Inc.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.