PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI PERMINTAAN PENAWARAN DAN ELASTISITAS DI KELAS XIIS SMA NEGERI 2 SEUNAGAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Fitri Sumarni Fitri Sumarni Fitri Sumarni

Sari


ABSTRAK

 

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan strategi pembelajaran CTL, pada materi Fungsi Permintaan, Penawaran dan Elastisitas di SMAN 2 Seunagan pada kelas X IIS yang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada materi Fungsi Permintaan, Penawaran dan Elastisitas. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran CTL, dilakukan penilaian kognitif. Dari hasil penilaian tersebut, ternyata hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu dari 40,00% (12 siswa) pada pra siklus dan 60,00% (19 siswa) siklus I menjadi 96,66% (29 siswa) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran CTL di SMAN 2 Seunagan pada kelas X IIS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Fungsi Permintaan, Penawaran dan Elastisitas.

 

Kata Kunci : CTL, hasil belajar, PTK


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

`

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dahar, Ratna. 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. 1993. Kurikulum 2004 Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Pendidikan Ekonomi. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2004. Model-model Pembelajaran Ekonomi. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nurhadi dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Prawiradilaga, Dewi Salma. 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Raihan. 2008. Keefektifan Model Pembelajaran Contekstual Teaching and Learning (CTL) pada Materi elektro Valensi di MTs Negeri 2 Takengon, Skripsi. Banda Aceh: IAIN Ar-Raniry.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sulfayani. 2020. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Materi stokiometri Siswa Kelas X SMA Bina Generasi Bangsa Seunagan, Skripsi. Banda Aceh: Universitas Muhammadiyah Aceh.

Sunarto. Pendekatan Pembelajaran. http://banjarnegarambs.wordpress.com, diakses tanggal 30 Juni 2011.

Suprayetno. 2020. Jurnal Paedagogic, Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Melalui ModelPembelajaran dengan Pendekatan Investigasi. Asahan: FKIP Universitas Asahan.

Syahza, Almasdy. Pembelajaran Kontekstual. http://almasdi.unri.ac.id, diakses tanggal 17 Oktober 2011.

Tafsir, Ahmad. Pendidikan Ekonomi di Sekolah. http://www.google.co.id/url, diakses tanggal 30 Januari 2011.

Toharuddin. Penerapan Pembelajaran Kontekstual. http://www.puskur.net, diakses tanggal 20 Januari 2011.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.