PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI ELEKTRON VALENSI KELAS X MIA.2 SMA NEGERI 2 SEUNAGAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Abdul Halim S.Pd

Sari


asalah hasil belajar siswa di sekolah masih banyak yang mengalami masalah, terutama hasil belajarya masih rendah. Hal disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya masih ada guru yang belum mampu menggunakan metode yang benar. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan September sampai dengan November 2020 di SMA Negeri 2 Seunagan yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA.2 pada materi Elektron Valensi pelajaran Kimia dengan menggunakan model SFAE pada SMA Negeri 2 Seunagan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIA.2 Negeri 2 Seunagan yang jumlah siswanya 30 orang siswa sebagai subjek penelitian, untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik pengumpulan data tes dan non tes. Setelah data terkumpul dengan baik diolah dan dianalis dengan cara membandingkan antara siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas X MIA.2 Negeri 2 Seunagan pada materi Elektron Valensi dengan menggunakan model SFAE. Hal ini terbukti pada siklus I dari 30 orang siswa hanya 20 (66,66%) yang yang tuntas secara klasikal, sedangkan setelah siklus II meningkat menjadi 27 orang siswa atau (90,00%) yang tuntas secara klasikal.

Kata Kunci: Kooperatif, SFAE, hasil belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, M.1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Erlangga.

Johar, R., Nurfadhilah, dan L. Hanum. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh : FKIP Universitas Syiah Kuala.

Kurniawati, N. 2010. Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Bandung.

Lie, A. 2003. Cooperative Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning

di Ruang-ruang Kelas). Jakarta : Grasindo

Muhibbin, S. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Musriah. 2009. Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Kimia

Melalui Metode Student Facilitator and Explaining ( PTK Pembelajaran Kimia Kelas X di SMA Negeri 2 Grobogan ). Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Oemar Hamalik.1993. Metode Mengajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Roestiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suryanto A, Haryanta A. 2006. Kimia X : Jakarta. Erlangga

Susilowati, A. 2009. Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Kimia Melalui Model Pembelajaran Kimia Realistik Sekolah Berbasis Media dan Berkonteks Lokal Surakarta. Skripsi, (Online), (http://etd.eprints.ums.ac.id/3409/2/A410050010.pdf., diakses 3 Maret 2010).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.