PENERAPAN MODEL TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 MEULABOH TAHUN AJARAN 2020/2021

Khairani Khairani

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi pada materi Sistem Ekskresi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Meulaboh Tahun Ajaran 2020/2021. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model time token. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Meulaboh. Jumlah siswa adalah 15 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 7 orang dan perempuan 8 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan September 2020 sampai dengan November 2020 pada semester ganjil. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 33.33% pada pra penelitian meningkat menjadi 66.66% pada siklus I dan meningkat menjadi 83.33% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan model time token dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi pada materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Meulaboh Tahun Ajaran 2020/2021.

Kata Kunci: Biologi, Hasil, Belajar, Aktivitas, Model, Time token, Sistem, Ekskresi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dimyati Dkk,2002, Belajar dan Pembelajaran, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Hamalik, O. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Istamar Syamsuri, dkk, 2002. IPA Biologi untuk SMP Kelas VII/1, Erlangga, Jakarta

Mulyasa, 2003, Kurikulum Berbasis Kompetensi, PT Rosda Karya, Bandung

Suharsimi Arikunto, 2002, Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktek, PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Sumawan, dkk. 2004. Riset Pemasaran dan Konsumen. IPB Press. Bogor.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Cemerlang: Jakarta.

Puskur, 2003, KD Sains SD, http://www.puskur.net/inc/sd/PengetahuanAlam.pdf


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.