MENINGKATKAN PRESTASI DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG TINDAKAN DAN MOTIF EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN SAENTIFIK PADA SISWA KELAS XI.IPS.1 SMA NEGERI 2 SAMALANGA TAHUN 2020/2021

Nurmadiah Nurmadiah

Sari


Upaya peningkatan hasil belajar siswa perlu terus dilakukan dan diterapkan dengan berbagai cara untuk mempermudah pemahaman siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar yang diperoleh siswa. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah melalui Pembelajaran Saentifik. Selain itu, alur proses belajar tidak harus berasal dari guru menuju siswa. Siswa bisa juga saling mengajar dengan sesame siswa yang lainnya. Bahkan, banyak penelitian menunjukkan bahwa pengajaran  oleh rekan sebaya ternyata lebih efektif dari pada pengajaran oleh guru. System pengajaran yang memberikan kesempatan kepada anak didik untuk bekerjasama dengan siswa dalam tugas -tugas yang terstruktur disebut sebagai sistem “pembelajaran gotong royong” atau cooperative learning” Dalam system ini, guru bertindak sebagai fasilitator. Penelitian ini berdasarkan permasalahn (a) Apakah pembelajaran kooperatif melalui Strategi Pembelajaran Kontektual berpengaruhi terhadap hasil belajar Ekonomi? (b) seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Ekonomi dengan diterapkannya Strategi Pembelajaran Kontektual. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (a) ingin mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menggunaka Media Pembelajaran terhadap pelajaran Ekonomi tentang Permintaan, Penawaran dan keseimbangan harga. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancanan, kegiatan dan pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS.1 SMA Negeri 2 Samalanga Tahun pelajaran 2020/2021 data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 2 Samalanga serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Ekonomi.

Kata Kunci: Tindakan dan Motif Ekonomi melalui Pembelajaran Saentifik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsini, 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Rineka Cipta.

Budimansyah Dasim. 2002 Model Pembelajaran dan Penilaian. Siliwangi. HDB.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswin Zain, 2002, cet. Ke-2, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

B. K. Noormadiri, 2005. Akuntansi SMA Kelas XII Program Ilmu Sosial, Erlangga.

Sartono Wirodikromo, 2020 Akuntansi Untuk SMA/MA Kelas XII, Erlangga.

Ahmad Zaelani S.Si Dkk, 2020. Bimbingan Pemantapan Akuntansi SMA/MA Ringkasan Materi, Yrama Widya.

Koko Martono, R.Eryanto, Firman Syah Noor, 2009. Akuntansi dan Kecakapan Hidup Kelas XII, Ganesa.

BNSP, 2007. Standar Kompetensi dan kompeternsi Dasar. Jakarta. Depdiknas.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.