PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN SENILAI PADA UPTD SD NEGERI 13 DEWANTARA KABUPATEN ACEH UTA

Nurasma Nurasma

Sari


Telah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV dengan Menggunakan Metode Student Teams Achievement Division (STAD) Materi Pecahan Senilai Mata Pelajaran Matematika pada UPTD SD Negeri 13 Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 (dua) siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 13 Dewantara Kabupaten Aceh Utara tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 20 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SD Negeri 13 Dewantara tahun pelajaran 2018/2019 pada kompetensi dasar melakukan Pecahan Senilai. Pada akhir siklus II, ketuntasan belajar yang dicapai sebesar 94,73% (19 siswa) dibandingkan dengan kondisi awal,ketuntasan belajar yang dicapai hanya sebesar 73,68%. Adapun hasil observasi pada proses pembelajaran menunjukkan perubahan sikap siswa lebih aktif dan gembira.Secara keseluruhan rata-rata kelas mencapai kenaikan sebesar 63,31% dan ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan mencapai 95%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperatif Tipe STAD STAD, Matematika


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggoro M. Toha, dkk. 2011. Metode Penelitian. Jakarta. Universitas Terbuka.

Depdikbud. 2000. Pedoman Pembuatan Alat Peraga/Praktik Sederhana Mata Pelajaran Matematika Umum SD. Bandung: CV. Tidar.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada.

Purwanto, N. 2011. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rasyid, Mansur. 2007. Evaluasi Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima.

Suyitno, Amin. 2004. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: FMIPA Unnes.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Prograsif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.

Usman. 2008. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.

Wardani I. G. A. K ,M.Sc. Ed. dkk, 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.