PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHER AND LEARNING (CTL) DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PELAJARAN MATEMATIKA MATERI GARIS DAN SUDUT PADA UPTD SMP NEGERI 1 MEURAH MULIA KABUPATEN ACEH UTARA

Afriani Afriani

Sari


Penelitian dilaksanakan di kelas VII pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian atas dua siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pra siklus dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang belum menggunakan pendekatan kontekstual. Pada pra siklus di mana guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensonal rata-rata nilai tes adalah 63,61 dan hasil ketuntasan belajar siswa masih 51,61% dari 27 siswa yang mengikuti tes hanya 15 siswa yang tuntas. Aktivitas siswa pada pra siklus masih 40,65% dengan kategori kurang aktif. Pada siklus I, guru sudah melaksanakan pembelajaran pendekatan kontekstual (CTL) yang didapatkan hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata 68,39% dan ketuntasan belajar siswa masih 67,74% dari 27 siswa yang mengikuti tes ada 13 siswa yang tuntas belajar. Adapun aktivitas siswa pada siklus I sudah meningkat dari pra siklus yaitu 56,69 atau kategori cukup aktif. Walaupun hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I mulai ada peningkatan, tapi belum mencapai indikator yang diharapkan. Oleh karena itu tindakan dilanjutkan ke siklus II, dimana hasil belajar siswa rata-rata 82,90 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 87,10%. Begitu juga aktivitas siswa pada siklus II juga meningkat yaitu 71,53% atau berkategori aktif. Dengan demikian pembelajaran yang berlangsung pada siklus II ini sudah dianggap berhasil karena sudah mencapai indikator. Pada tahap perencanaan disusun skenario pembelajaran dan menyiapkan perangkat pembelajaran. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan CTL. Indikator kinerja pada penelitian berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individual dan klasikal sebesar 88,46%. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran dengan pendekatan kontekstual (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materiGaris dan Sudut.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran CTL,Garis dan Sudut.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nana Sudjana, 2008, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Oemar Hamalik, 2008. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, 2002, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & B, Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J, 2013. Strategi Pembelajaran : Teori dan Aplikasi, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Syaiful Sagala, 2003, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Wina sanjaya, 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Wiriaatmadja, R, 2012. Metode Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yudhistira, D, 2013. Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang Apik (Asli PerluI lmiah Konsisten), Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Departemen Pendidikan Nasional, 2002, Pendekatan Kontekstual Contextual Teaching and Learning (CTL), Jakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.