MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PELAJARAN IPS KELAS VII MATERI POTENSI SUMBER DAYA ALAM DAN KEMARITIMAN INDONESIA DI SMP NEGERI 1 TANAH LUAS KABUPATEN ACEH UTARA

Syafie Syafie

Sari


Penerapan Metode Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar siswa Pelajaran IPS Kelas VII Materi Potensi Sumberdaya Alam dan Kemaritiman Indonesia di SMP Negeri 1 Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara”. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauhmana Metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: ketuntasan belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada setiap akhir siklus. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila 85% dari jumlah siswa berkategori tuntas dengan kriteria tuntas belajar apabila nilai hasil evaluasi pada siklus I, dan II65. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 64 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 46,6%. Pada siklus II menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 91,3 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 93,3%. Dari penelitianini diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan Metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas VII semester 1 tahun pelajaran 2017 / 2018 pada materi Potensi Sumberdaya Alam dan Kemaritiman Indonesia.

Kata kunci: Metode Problem Based Learning (PBL), Ketuntasan Belajar, Potensi Sumberdaya Alam dan Kemaritiman Indonesia.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Kamdi, W dkk. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Universitas Negeri Malang. Malang.

Muhibbin Syah. 2013, Psikologi Pendidikan, dengan Pendekatan Baru. Bandung PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto,Ngalim. 2011. PsikologiPendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rianto, Milan. 2006. Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Bahan Ajar Diklat Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMA Jenjang Dasar. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS dan PMP Malang.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Puskur Balitbang Depdiknas. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata pelajaran ilmu Sosial Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.