PELAKSANAAN METODE KAUNY QUANTUM MEMORY DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI TK ACEH

Nurhabibah Nurhabibah

Sari


Penelitian ini berjudul Pelaksanaan Metode Kauny Quantum Memory dalam Pembelajaran Tahfidz di Tk Aceh. Penelitian ini bertujuan melihat proses pelaksanaan Metode Kauny Quantum Memory dalam Pembelajaran Tahfidz di TK Aceh. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini merupakan suatu jenis penelitian kejadian yang bersifat intrinsik. Sebanyak empat orang guru daripada dua TK di Aceh yang melaksanakan Metode Kauny Quantum Memory telah dipilih sebagai responden penelitian. Pemilihan responden dalam penelitian ini dengan pemilihan sampel bertujuan (purposivesampling). Tiga jenis intrumen penelitian digunakan yaitu observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif untuk menjelaskan pemahaman lebih mendalam tentang pelaksanaan Metode Kauny Quantum Memory dalam Pembelajaran Tahfidz di Tk Aceh. Analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan Metode Kauny Quantum Memory mengikuti empat aspek yaitu i) pelaksanaan hafalan sambil bermain, ii) pelaksanaan hafalan menggunakan gerakan, iii) pelaksanaan hafalan mengetahui arti, dan iv), waktu pelaksanaan.Keseluruhannya, hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Metode Kauny Quantum Memory berhasil diterapkandalam pembelajaran tahfidz di TK Aceh.Namun perlu perbaikkan terhadap pemahaman guru di bidang pengetahuan tentang Metode Kauny Quantum Memory dan kerjasama orang tua untuk meningkatkan tahfidz anak-anak dengan Metode Kauny Quantum Memory.

 

Kata Kunci: Pelaksanaan, Metode, Tahfidz.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hasbullah Syarif. (2016). Efektivitas metode kauny quantum memory untuk meningkatkanprestasi menghafal Al-Qur'an pada siswa kelas 1 SDIT luqman Al-hakim sleman.Yogyakarta: Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Herwibowo, B. (2014). Menghafal Al-Qur 'an semudah tersenyum. Jakarta: Fahima.

Masitoh. et.al. (2005). Pendekatan belajar aktif di taman kanak-kanak. Jakarta: departemenpendidikan nasional direktorat jenderal pendidikan tinggi direktorat pembinaan pendidikan tenaga kependidikan dan ketenagaan perguruan tinggi.

Miles, M. B., Huberman, A. M. & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rdedition). Thousand Oaks: Sage Publications, Inc.

Mohammad Ali & Mohammad Asrori. (2011). Psikologi remaja perkembangan peserta didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mok Song Sang. (2013). Perkembangan kanak-kanak. Perak: Penerbitan Multimedia SDN. BHD.

Munif Chatib. (2016). Parents learn (biarkan anak bertanya). Bandung: Penerbit Kaifa.

Noraini Idris. (2013). Penyelidikan dalam pendidikan. Selangor: McGraw-Hill Education.

Nor Azah Abdul Aziz. (2013). Gerakan jari yang digunakan untuk aplikasi kanak-kanak pada skrin sesentuh ipad. JurnalPendidikan Awal Kanak-Kanak, 2(1), 101-114.

Othman Lebar. (2017). Penyelidikan kualitatif pengenalan kepada teori dan metode. Tanjong Malem: Universiti Pendidikan Sultan Idris.

Rozumah Baharudin & Rahimah Ibrahim. (2008). Keluarga kanak-kanak & remaja. Serdang: Universiti Putra Malaysia.

Sa'dullah. (2008). 9 cara praktis menghafal Al-Qur 'an. Jakarta: Gema Insani Press.

Sa'dullah. (2008). cara cepat menghafal Al-Qur'an. Jakarta: Gema Insani.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suppiah Nachiappan. (2015). Panduan pendidikan awal kanak-kanak. Tanjong Malem: Universiti Pendidikan Sultan Idris.

Yamin, M. & Sanan, J. S. (2010). Panduan pendidikan anak usia dini. Jakarta: Gaung Persada Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.