PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FIKIH PADA MATERI SUJUD SYUKUR DAN TILAWAH SISWA KELAS VIII.A MTsN 4 ACEH BARAT TAHUN AJARAN 2019/2020

Maizarliana Maizarliana

Sari


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil fiqih siswa pada materi sujud syukur dan tilawah siswa kelas VIII.A MTsN 4 Aceh Barat Kabupaten Aceh Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model cooperative script. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII.A MTsN 4 Aceh Barat pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jumlah siswa adalah 30 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 17 orang dan perempuan 17 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Oktober 2019 sampai dengan Desember 2019 pada semester ganjil. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 20.00% pada pra penelitian meningkat menjadi 63,33% % pada siklus I dan meningkat menjadi 86.66% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan model cooperative script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fikih siswa pada materi sujud syukur dan tilawah siswa kelas VIII.A MTsN 4 Aceh Barat Kabupaten Aceh Barat Tahun Pelajaran 2019/2020.

 

Kata kunci: Hasil, aktivitas, belajar, cooperative script, fiqih, sujud, syukur, tilawah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adib, M. K. 2003. Fiqh Progresif: membangun Nalar Fiqih Bervisi Kemanusiaan, dalam Jurnal Justisia, Edisi 24 XI 2003.

Al-Qurtuby , S dan Sahal Mahfudh. 1999. Era baru Fiqih Indonesia. Yogyakarta: Cermin.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2003 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Cemerlang.

Hadi, N. 2008. Fikih 2. Jakarta: Erlangga.

Hamalik, O. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2005. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta; PT. Raja Grafindo.

Mulyasa, E. 2006. Imlementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A. M. 2004. Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Rajawali.

Slavin, R. 1995. Cooperative Learning: Theory Research and Practice. Second Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Sukardi. 1983. Bimbingan dan Penyeluhan di Sekolah. Jakarta :Usaha Nasional.

Syafaruddin. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Syamsuddin. 1999. Psikologi pendidikan. Bandung: IKIP Bandung.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia. 2008. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Di Madrasah.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.