MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 SMAN 1 SIMPANG MAMPLAM PADA MATERI PERPAJAKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW)

Husna Husna

Sari


Masalah menadasar dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi khususnya pada materi Perpajakan. Oleh karena itu penulis melakukan perbaikan pembelajaran. Perbaiakan pembelajaran dilakukan melalui Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus pembelajaran. Fokus perbaikan pembelajaran ditekankan pada peningkatan hasil belajar siswa pada materi Perpajakan dalam menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Kegiatan penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Simpang Mamplam pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 pada siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi Perpajakan di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Simpang Mamplam. Setelah dilakukan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW), hasil dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dari data yang dikumpulkan, Pada tes siklus I siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 60% (15 siswa) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 10% (5 siswa). Kemudian mengalami peningkatan pada tes siklus II, yaitu siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 96% (24 siswa) dan siswa yang belum tuntas hanya 4% (1 siswa saja). Dengan peningakatan nilai rata-rata kelas yaitu siklus I 69% dan siklus II 82%. Adapun hasil non tes pengamatan proses belajar mengajar menunjukkan perubahan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Secara keseluruhan rata-rata kelas mencapai peningkatan pada siklus I yaitu 21,05% terhadap Pra siklus dan peningkatan pada siklus II yaitu 18,84% terhadap siklus I. Dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) ternyata mampu meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa pada materi Perpajakan.

Kata kunci: Perpajakan, Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Hasil Belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Annurahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsini, 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

DJamarah. 2006.Prestasi Belajar dan KompetensiGuru. Jakarta: Rineka Cipta.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan. Media Persada.

BNSP, 2007. Pedoman Penilaian Hasil Belajardi SD. Jakarta:Depdiknas.

BNSP, 2007. Standar Kompetensi dan kompeternsi Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono, 1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Depdikbud.

Hamalik, Oemar. 1999, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ratumanan, T. G. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: Unesa.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, N. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Syah, Muhibbin, 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.