UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MATERI PERKEMBANGBIAKAN MAKHLUK HIDUP DENGAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA SD NEGERI 4 SIMPANG KEURAMAT KABUPATEN ACEH UTARA

Jamaluddin Jamaluddin

Sari


Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah Meningkatkanhasil belajar siswa dengan penggunaan media gambar?. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: meningkatkanhasil belajar siswa kelas VI setelah menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI semester Ganjil. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analisis didapatkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatkan dari siklus I sampai siklus II yaitu, .Pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 52,38% (14 anak), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 47,62% (13 anak), sedangkan pada akhir siklus II, sebanyak 85.18% (23 anak) dan sebanyak 14.81% (4 anak) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata- rata kelas siklus I 6,7 dan rata-rata kelas siklus II 7,9. Adapun hasil non tes pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Secara keseluruhan rata-rata kelas mencapai kenaikan sebesar 43,63%, dan ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan mencapai peningkatan sebesar 71,4% jika dibandingkan dengan kondisi awal .

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPA, Media Gambar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antok. 2011. Peningkatan Mutu Pendidikan, Jakarta: Grafindo.

Arikanto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Arikanto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, TK. Bandung: CU. Yrama Widya.

Fauziah, Lilis. M.Ag. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Malang: Buku Pembekalan PKLI.

Hadi, Sutrisno. 1987. Metodologi Reserch. Jogjakarta: Andi Offsel.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru .Jakarta: Gaung Persada.

Sadiman, Arief S. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tim Lapis. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: IAIN Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.