UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MATERI TATA SURYA DENGAN PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA SD NEGERI 6 NISAM ANTARA KABUPATEN ACEH UTARA

Idawati Idawati

Sari


Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah Meningkatkan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode Demonstrasi? Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: Meningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI semester Genap. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil penelitian, dapat dilihat dan telah terjadi peningkatan hasil belajar materi Tata Surya pada siswa kelas VI SD Negeri 6 Nisam Antara pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 melalui penggunaan metode demonstrasi. Peningkatan nilai rata- rata yaitu 5,5 pada kondisi awal menjadi 6,7 pada siklus I dan menjadi 7,9 pada siklus II. Nilai rata-rata siklus I meningkat 21,81% dari kondisi awal, nilai rata-rata siklus II meningkat 17,91 % dari siklus I. Sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I ada peningkatan sebesar 57,14% dari kondisi awal, siklus I meningkat 72,72% dari siklus II. Peningkatan nilai rata-rata kelas secara keseluruhan sebesar 43,63%.

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPA, Metode Demonstrasi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen PMPTK.

Kemmis, S. dan Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Deakin: Deakin University.

Mulyana, Slamet.2007. Penelitian Tindakan Kelas dalam Pengembangan Profesi Guru. Bandung: LPMP.

Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda karya.

Suhardjono et.al. 2005. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikgu dan Tentis.

Purba, Hartono 2007. Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Medan: FT. UNIMED.

Bahri, Syaiful & Zain, Aswan, 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran.Jakarta: Alfabeta.

Syah, Muhibbin, 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.