PENGGUNAAN TEPUNG AMPAS TAHU SEBAGAI BAHAN PENGIKAT TERHADAP MUTU NUGGET DAGING AYAM LAYER AFKIR

Sri Wulandari, Suryani .

Sari


ABSTRAK

Nungget merupakan produk olahan dari daging dengan memanfaatkan potongan-potongan kecil daging dan tidak beraturan kemudian dilekatkan kembali dengan menambahkan tepung sebagai bahan pengikat sehingga menjadi bahan makanan siap saji. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengaruh penggunaan tepung ampas tahu terhadap mutu nugget daging ayam layer afkir, mengukur jumlah penggunaan tepung ampas tahu terhadap mutu nugget daging ayam afkir dan meningkatkan nilai ekonomis produk peternakan asal ayam layer afkir. Rancangan percobaab yang digunakan dalam penelitan ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) factorial, 2 faktor, 3 taraf dan 4 ulangan yaitu factor A: 25%, 30% dan 35%, factor B: 5 hari, 10 hari dan 15 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tepung ampas tahu sebagai bahan pengikat member pengaruh yang tidak nyata terhadap mutu organoleptik nugget daging ayam layer afkir yaitu warna, aroma, rasa, tekstur, pH dan kadar air.

 

Kata kunci: Daging ayam layer afkir, tepung ampas tahu, mutu  organoleptik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abubakar., Suryati, T., dan Aziz, A. 2011. Pengaruh penambahan karagenan terhadap sifat fisik, kimia dan palatabilitas nugget daging itik lokal (Anas platyrynchos). Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor.

Afrisanti, D.W. 2010. Kualitas kimia dan organoleptik nugget daging kelinci dengan penambahan tepung tempe. Skripsi. Fakultas Pertanian Universita Sebelas Maret. Surakarta.

Evanuarini, H. 2010. Kualitas chickennuggets dengan penambahan putih telur. Jurnal Ilmu dan Teknologi Hasil Ternak Vol. 5, No. 2.

Ependi., Widiyaka, K., dan Sumarmono, J. 2013. Evaluasi kadar asam lemak bebas dan sifat organoleptik pada telur asin asap dengan lama pengasapan yang berbeda. Jurnal Ilmiah Peternakan 1 (1): 142-150.

Fatmala, N. 2014. Penagasapan telur itik asin terhadap kadar air dan sifat organoleptik. Skripsi. Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Matangglumpangdua. Bireuen.

Hutasoit, K., Suarjana, I.G.K., dan Suada, I.K. 2013. Kualitas daging se’i sapi di kota Kupang ditinjau dari jumlah bakteri coliform dan kadar air. Indonesia Medicus Veterinus 2013 2(3) : 248-260.

Jaelani, A., Dharmawati, S., dan Wanda. 2014. Berbagai lama penyimpanan daging ayam broiler segar dalam kemasan plastik pada lemari es (40c) dan pengaruhnya terhadap sifat fisik dan organoleptik. Vol. 39, No. 3 Hal. 119-128.

Ismanto, S., Aisman dan Feriviani. 2012. Pengaruh Pencampuran Tepung Ampas Tahu Dan Tepung Sagu Terhadap Mutu Nugget Ayam. Jurnal Seminar Nasional Peranan Teknologi Pangan dan Gizi.

Lopulalan, C.G.C., Mailoa, M., dan Sangadji, D.R. 2013. formulasi penambahan tepung ampas tahu terhadap sifat organoleptik dan kimia cookies. Jurnal Agriteknologi Vol. 2. No.1.

Mardiana, E. 2006. Aplikasi protein-Rich Flour (PRF) dari koro pedang (Canavalia ensiformis L.) pada nugget ayam. Skripsi. Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember.

Mustar. 2013. Studi pembuatan abon ikan gabus (Ophiocephalus Striatus) sebagai makanan suplemen (Food Suplement). Skripsi. Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin Makassar.

Montolalu, S., Lontaan, N., Sakul, S., dan Mirah, A.Dp. 2013. Sifat fisiko-kimia dan mutu organoleptik bakso broiler dengan menggunakan tepung ubi jalar (Ipomoea batatas L). Jurnal Zootek. Vol. 32. No. 5.

Nastiti, M.A., Hendrawan, Y., dan Yuliningsih, R. 2014. Pengaruh konsentrasi natrium metabisulfit (Na2S2O5) dan suhu pengeringan terhadap karakteristik tepung ampas tahu. Jurnal Bioproses Komoditas Tropis Vol. 2 No. 2.

Pasaribu, D.T.Y. 2009. Pengaruh taraf penambahan tepung terigu sebagai bahan pengikat terhadap kualitas sosis daging Ayam. Skripsi. Departemen Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. Medan

Purnamasari, E., Zulfahmi, M., dan Mirdhayati, I. 2012. Sifat fisik daging ayam petelur afkir yang direndam dalam ekstrak kulit nenas (Ananas Comosus L. Merr) dengan konsentrasi yang berbeda. Jurnal Peternakan Vol. 9, No. 1.

Purwaningsih, S., Garwan, R., dan Santoso, J. 2011. Karakteristik organoleptik bakasang jeroan cakalang (Katsuwonus Pelamis, Lin) sebagai pangan tradisional maluku utara. Jurnal Gizi dan Pangan 6(1):13-17.

Putri, A.F.E. 2009. Sifat fisik dan organoleptik bakso daging sapi pada lama pastmortem yang berbeda dengan kenambahan karagenan. Skripsi. Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Institut Pertanian Bogor.

Putri, R.H.K. 2012. Uji organoleptik formulasi coookies kaya gizi sebagai makanan tambahan dalam upaya penanggulangan anemia pada ibu hamil di rangkapan jaya depok 2011. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Sarjana Kesehatan Masyarakat. Depok.

Raharjo, S. 2010. Aplikasi madu sebagai pengawet daging sapi giling segar selama proses penyimpanan. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Rakhmah, Y. 2012. Studi pembuatan bolu gulung dari tepung ubi jalar (Ipomoea batatas L.). Skripsi. Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Jurusan Teknologi Pertanain Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin Makassar.

Rohaya, S., Husna, N.E., dan Bariah, K. 2013. Penggunaan bahan pengisi terhadap mutu nugget vegetarian berbahan dasar tahu dan tempe. Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia Vol. 5, No. 1.

Rusdi, B., Maulana, I.T., dan Kodir, R.A. 2013. Analisis kualitas tepung ampas tahu. Jurnal Matematika dan Sains Vol. 18, No. 2.

Sahubawa, L., Budhiyanti, S.A., dan Sary, A.N. 2004. Pengaruh komposisi tepung tapioka dan daging sepih marlin hitam terhadap karakteristik dan tingkat kesukaan fish nugget. Jurnal perikanan VIII (2): 273-281.

Subekti. E. 2010. Meat quality of raw materials nuggets laying chicken reject. Jurnal Mediagro Vol. 6, No. 2.

Steel, R. G. D. Dan J. H. Torrie. 1995. Prinsip dan Prosedur Statistika: Suatu Pendekatan Biometrik. Terjemahan: B. Sumantri. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Tribina, A. 2012. Pemanfaatan silase kering ampas tahu untuk pakan ikan nila merah (Oreuchromis niloticus). Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan Vol. 2, No. 2.

Wati, R. 2013. Pengaruh penggunaan tepung ampas tahu sebagai bahan komposit terhadap kualitas kue kering lidah kucing. Skripsi. Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Yuliani, I. 2013. Studi eksperimen nugget ampas tahu dengan campuran jenis pangan sumber protein dan jenis filler yang berbeda. Skripsi. Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi Fakultas Tehnik Universitas Negeri Semarang.

Yulizar. 2014. Pengasapan telur itik asin terhadap daya simpan pada suhu ruang. Skripsi. Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Almuslim Matangglumpangdua Bireuen.

Zulfikar. 2008. Sifat fisik dan organoleptik telur ayam ras hasil perendamanan dalam campuran larutan garam dengan ekstrak jahe yang berbeda. Skripsi.Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.