PEMANFAATAN Indigofera sp. DALAM RANSUM TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK PADA DOMBA JANTAN

Zulfahmi .

Sari


ABSTRAK

Indigofera sp. adalah hijauan pakan jenis leguminosa pohon yang memiliki kualitas nutrisi tinggi dan tahan akan kekeringan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan taraf peenggunaan Indigofera sp. dalam ransum terhadap kecernaan bahan kering dan bahan organik pada domba jantan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Rancangan Bujur Sangkar Latin (RBSL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan: Adapun perlakuannya adalah sebagai berikut: P0 : 50% Konsentrat + 50% Rumput Lapangan, P1 : 50% Konsentrat + 15% Indigofera sp + 35% Rumput Lapangan, P2 : 50% Konsentrat + 25% Indigofera sp + 25% Rumput Lapangan, P3 : 50% Konsentrat + 35% Indigofera sp + 15% Rumput Lapangan. Parameter yang diamati kecernaan bahan kering dan bahan organik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Indigofera sp. dalam ransum ternak domba tidak berpengaruh nyata ( P> 0,05 ) terhadap kecernaan bahan kering dan bahan organik. Kecernaan bahan kering dan bahan organik pakan pada ternak domba yang terbaik terdapat pada pemberian indigofera sp. dengan 25 %.                                                                                                                         

Kata Kunci : Domba, indigofera sp, kecernaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Apriyadi, L. 1999. Pengaruh Penambahan Probiotik Bioplus Serat (BS) pada Konsumsi dan Kecernaan Pakan Rumput Gajah (Pennisetum purpureum) yang Diberikan pada Domba Ekor Tipis (DET). (tidak dipublikasi). Fakultas Pertanian, Jurusan Peternakan. Universitas Djuanda. Bogor

Elita, A.S. 2006. Studi Perbandingan Penampilan Umum dan Kecernaan Pakan pada Kambing dan Domba Lokal. (Tidak Dipublikasi). Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Harjanto, K. 2005. Pengaruh Penambanhan Probiotik Bio H+ Terhadap Kecernaan Bahan Kering dan Bahan Organik Ransum Sapi PFH Jantan. (tidak dipublikasi). Fakultas Pertanian UNS. Surakarta

Hassen, A., N.F.G. RETHMAN, VAN NIEKERK and T.J.TJELELE. 2007. Influence of season/year and species on chemical composition and in vitro digestibility of five Indigofera accessions. Anim. Feed Sci. Technol. 136: 312-322.

Mackie, R.I., C.S. McSweeney, & A.V. Klieve. 2002. Microbial ecology of theovine rumen. Dalam: M.Freer dan H. Dove (Ed). Sheep Nutrition. CSIROPlant Industry. Canberra Australia. 73-80.

McDonald, P. R . Edwards , J . Greenhalgh , and C. Morgan . 2002 . Animal Nutrition . 6th Edition . Longman Scientific & Technical , New York

Steel, r.g.d. And j.h. Torrie. 1995. Principles and Procedures of Statistics. A

Biometrical Approach. 2ndEd. McGraw-Hill Book Company, New York.

Yusmadi. 2008. Kajian mutu dan palatabilitas silase dan hay ransum komplit berbasis sampah organik primer pada kambing PE. [Tesis]. Bogor: Program Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.