DAYA TAHAN TANAMAN Indigofera sp. YANG DITANAM PADA LAHAN KRITIS PADA MUSIM KERING SEBAGAI SUMBER PAKAN TERNAK RUMINANSIA

Cut Arniati Ali Rizmi dan Ubaidatussalihat

Sari


Tanaman Indigofera sp. merupakan tanaman baru di Balai Pembibitan Ternak Unggul - Hijauan Pakan Ternak Indrapuri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui potensi tanaman Indigofera sp. sebagai pakan ternak ruminansia pada lahan kritis. Percobaan Indigofera sp. dilakukan di kebun percobaan di BPTU-HPT, dengan penanaman dilakukan pada 2 musim yaitu bulan September sampai dengan bulan Januari (musim penghujan) dan bulan Maret sampai dengan bulan Juli (musim kering). Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis mengunakan sidik ragam. Peubah yang diamati meliputi : daya tumbuh Indigofera sp. dan daya tahan terhadap musim kering. Hasil yang di dapat selama pengamatan adalah pertumbuhan tanaman Indigofera sp. pada umur empat minggu tergolong baik. Penanaman Indigofera sp. ini dilakuan pada lahan kritis, dan setelah ditanam Indigofera sp. ini tidak terdapat perlakuan dan perawatan secara khusus. Daya tahan tanaman Indigofera sp. terhadap masa kemarau sangat baik, hal ini terlihat dari kondisi Indigofera sp. masih nampak bagus baik dari warna daun, banyaknya daun dan tinggi tanaman serta tidak terjadi perbedaan yang berarti terhadap Indigofera sp. yang tumbuh di musim penghujan.

 Kata kunci : Indigofera sp., musim kering, daya tumbuh


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah L. 2010. Herbage production and quality of shrub Indigofera sp. treated by different concentration of foliar fertilizer. Media Peternakan. 32:169-175.

Ahmad. Rahmatullah F, Aziz T, Maqsood MA, Thahir MA, Kanwal S. 2007. Effect of silicon application on wheat (Triticium aestivum L.) growth under waterdeficiency stress. Emir J. Food Agric. 1:01-07.

Akbarillah TD, Kususiyah, Hidayat. 2010. Pengaruh penggunaan daun Indigofera sp. segar sebagai suplemen pakan terhadap produksi dan warna yolkitik. J Sains Peternakan Indonesia. 5:27-33.

Chaves MM, Pereira JS, Maroco J, Rodrigues ML, Ricardo CP, Osorio ML, Carvalho I, Pinheiro C. 2003. How plants cope with water stress in the field. Photosynthesis and growth. Ann Bot. 89:907-916.

Hassen A, Rethman NFG, Van Niekerk WA, Tjelele TJ. 2007. Influence of season/year and species on chemical composition and in vitro digestibility of five Indigofera sp. accessions. J. Anim Feed Sci Teechnol. 136:312-322.

Herdiawan I. 2013. Pertumbuhan tanaman pakan ternak legum pohon Indigofera sp. zollingeriana pada berbagai taraf perlakuan cekaman kekeringan. JITV. 18 (4): 258-264.

Steel, R.G.D dan J,H. Torrie. 1995. Prinsip dan Prosedur Statistika. Cetkan ke 4 Gramedia. Jakarta

Yulistyarini T, Suprapto A. 2009. Jenis polong-polongan yang berpotensi untuk usaha konservasi lahan kering. Seminar Nasional Konservasi dan Pendayagunaan Keanekaragaman Tumbuhan Lahan Kering. P.53-57.

Yusmadi, Muhtar, S. Arniaty. 2014. Perbandingan daya tahan tubuh sapi Aceh dengan sapi brahman cross. Prosiding Seminar Nasional Peternakan. Kontribusi Ternak Lokal dalam Menunjang Kecukupan Protein Hewani. Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh. 12-19


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.