PENGARUH PEMAKAIAN CaC0¬3¬¬¬¬ DAN MOLASE TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS DAYA IKAT DAN LAMA PENGERASAN MINERAL BLOK

Yusmadi Khairi dan Suryani

Sari


Kebutuhan karbohidrat dan mineral untuk membentuk asam amino dalam rumen dapat diupayakan dalam satu bentuk yang disebut urea mineral molasses block. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemakaian kapur sirih terhadap daya ikat dan lama pengerasan pembuatan mineral blok. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan, sehingga diperoleh 16 satuan unit percobaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pengaruh pembuatan mineral blok dengan pemakaian CaC03 dan molase terhadap daya ikat dan lama pengerasan mineral blok yang dilakukan dengan cara dingin dan cara panas selama penelitian menunjukkan perbedaan pada setiap perlakuan, cara panas lebih baik daya ikat dibandingkan dengan cara dingin.

Kata kunci : Mineral blok, molases, lama pengerasan, daya ikat


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darmono. 2007. Penyakit defisiensi mineral pada ternak ruminansia dan upaya pencegahannya. Jurnal Litbang Pertanian. 26:104-108. http://www.pustaka-deptan.go.id/publikasi.pdf . [24/5.2008].

Ditjennak. 2007. Teknologi Pengolahan Pakan Sapi. Balai Pembibitan Ternak Unggul Sapi Dwiguna dan Ayam Sembawa, Sumatera Selatan.

McDowell, L. R. 2003. Minerals in Animal and Human Nutrition. 2nd Edition. Elsevier Science B. V, Hungary.

Steel R.G.D, and Torrie, J.H, 1995. Prinsip dan Prosedur Statistika Suatu Pendekatan Biometrik, Alih Bahasa Bambang Sumantri. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Suganda. 2009. Performa sapi jantan friesian-holstein lepas sapih yang diberi ransum mengandung suplemen biomineral isi rumen. Skripsi. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor, Bogor.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.