KERAGAMAN FENOTIPE SAPI ACEH BETINA PADA BPTU-HPT INDRAPURI

Mukhtar Jamaliah dan Hendra Saumar

Sari


Beberapa upaya yang dilakukan pada pemeliharaan sapi aceh di BPTU-HPT Indrapuri untuk mempertahankan kemurnian sapi aceh salah satunya adalah seleksi dan culling, seleksi yang dilakukan adalah seleksi fenotipe dan genetik dilakukan melalui pengujian uji performan adalah ternak yang memenuhi persyaratan kualitatif dan kuantitatif dan persyaratan teknis minimal dinyatakan lulus SNI sebagai bibit sapi aceh yang unggul dan bersertifikat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase keragaman warna tubuh  keragaman bentuk tanduk dan ukuran tubuh sapi Aceh yang dipelihara di BPTU-HPT Indrapuri. Adapun hasil penelitian menunjukkan proporsi  warna tubuh sapi Aceh 90 % merah bata sesuai SNI, bentuk tanduk 60 %  tidak sesuai SNI, Ukuran  tubuh 100 % di atas SNI dan  bobot badan 90% sesuai SNI.

Kata kunci : Sapi aceh, fenotipe, keragaman bulu, bentuk tanduk


Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah M.A.N, R.R. Noor, H. Murtojo, D.D. Solihin, E.Handiwirawan 2007. Keragaman fenotipe sapi aceh di Nanggroe Aceh Darusalam. J.Indon.Trop.Anim.Agric. 32 (1) : 11-20.

Abdullah M.A.N. 2008. Karakterisasi genetik Sapi Aceh Menggunakan Analisis Keragaman Fenotipik, Daerah D-Loop DNA Mitokondria dan DNA Mikrosatelit. Disertasi. Sekolah Pasca Sarjana. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Bauden, W.E 1962. Breeding and Marketing Great Party and State. London.

Fries, R. and Ruvinsky. 1999. The Genetics of Cattle. CAB International Publishing. New York, USA

Rijal, F. Kergaman sifat-sifat kualitatif sapi aceh. Skripsi. Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatra Utara.

Jamaliah. 2010. Pelestarian plasma nutfah sapi Aceh. Balai Pembibitan Ternak Unggul Sapi Aceh Indrapuri.

Steel, R.G.D dan J,H. Torrie. 1995. Prinsip dan Prosedur Statistika. Cetkan ke 4 Gramedia. Jakarta

Yusmadi, Muhtar, S. Arniaty. 2014. Perbandingan daya tahan tubuh sapi aceh dengan sapi brahman cross. Prosiding Seminar Nasional Peternakan. Kontribusi Ternak Lokal dalam Menunjang Kecukupan Protein Hewani. Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh. 10-19.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.