KAJIAN PERFORMANS REPRODUKSI SAPI ACEH SEBAGAI INFORMASI DASAR DALAM PELESTARIAN PLASMA NUTFAH GENETIK TERNAK LOKAL

Bakhtiar Yusmadi dan Jamaliah

Sari


Sapi aceh juga merupakan salah satu sapi asli Aceh sebagai salah satu sumber daya genetik lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performans reproduksi sapi aceh, dewasa kelamin, umur pertama kali dikawinkan, siklus berahi,  lama estrus, lama bunting, berahi kembali setelah melahirkan, kawin kembali setelah melahirkan dan selang beranak. Metode penelitian merupakan penelitian langsung dilakukan di lapangan, dan menggunakan metode survei, yaitu obserfasi langsung pada ternak di BPTU-HPT Indrapuri. Data primer di peroleh dari BPTU HPT dan hasil wawancara dengan petugas. Sedangkan data skunder di dapat dari inseminator, Kantor Kecamatan, BPPS dan Dinas Peternakan. Alat yang di gunakan adalah timbangan ternak manual ukuran 1000 kg dengan kepekaan 0.1 kg. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan peubah sevice per coception (S/C) dan conception rate (CR) menggunakan 100 ekor sapi. Untuk peubah reproduksi yang diamati adalah 1) umur pubertas. 2) lama siklus berahi, 3) umur sapi dara dikawinkan pertama, 4) lama bunting,  5) kawin kembali setelah melahirkan,  6) S/C, 7) CR, 8) persentase kematian pada semua tingkat umur. Hasil analisis performans reproduksi diperoleh; 1), umur pubertas pada sapi jantan 16.68 ± 1.73 bulan, 2) umur pubertas pada sapi betina 20.45 ± 2.81 bulan, 3) lama siklus berahi 19.80 ± 1.16 hari, 4) umur sapi dara dikawinkan pertama 23.80 ±  2.25 bulan, 5) lama bunting anak jantan 279.83 ± 5.17 hari, 6) lama bunting anak betina 274.20 ± 3.45 hari, 7) kawin kembali setelah melahirkan 127 ± 33.13 hari, 8) S/C 1.13, dan 9) CR 91 %.

 

Kata kunci : Sapi aceh, performans, reproduksi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Affandhy. 2008. Kinerja Produksi dan Umur Pubertas Pedet Hasil Kawin Silang Sapi PO, Simmental dan Limousin dalam Usaha Peternakan Rakyat. Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan. Bogor.

Anggorodi, R., 1994. Ilmu Makanan Ternak Umum. Perpustakaan Utama. Jakarta.

Bakhtiar. 2010. Performans Reproduksi dan Produksi Sapi Aceh. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Andalas.

Partodihardjo, S. 1992. Ilmu Reproduksi Hewan. Edisi ke 2 Mutiara Sumber Widya. Jakarta.

Rustanto. 2000. Rahasia Sexual Sapi Betina. Balai Inseminasi Buatan. Bandung.

Sudjana.1996. Metode Statistik. Edisi ke 6. Tarsito Bandung.

Sutan, M, S.,1988. Suatu Perbandingan Performans Reproduksi dan Produksi antara Sapi Brahman, Peranakan Ongole dan Bali di Daerah Transmigrasi Batumarta. Sumatra Selatan. Disertasi. Fakultas Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Saladin, R. 1982. Penampilan Sifat-sifat Produksi dan Reproduksi Sapi Lokal Pesisir Selatan di Provinsi Sumatra Barat. Disertasi. Fakultas Pascasarjana Institut Pertaniuan Bogor. Bogor.

Talib, C. 2002. Sapi Bali di Daerah Sumber Bibit dan Peluang Pengembangannya. Balai Penelitian Ternak. Bogor.

Toelihere, M.R. 1987. Fisiologi Reproduksi pada Ternak. Penerbit Angkasa. Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.