PENGARUH PEMBERIAN SPROUT FODDER DAN SILASE BATANG PISANG TERHADAP UKURAN MORFOLOGI DOMBA BETINA LOKAL

Hikmah Hikmah, Zulfikar Zulfikar

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian sprout fodder dan silase batang pisang  terhadap ukuran morfologi domba lokal betina,yang telah dilaksanakan di Laboratorium Lapangan Peternakan Universitas Syiah Kuala yang berlokasi di Desa Rukoh, Darussalam Banda Aceh yang berlangsung selama 98 hari dari tanggal 30 Desember 2019 – 6 April 2020. Parameter yang diamati  berupa panjang badan, lingkar dada, lebar dada, dalam dada, tinggi pundak. Penelitian ini di rancang dengan menggunakan Uji Banding yaitu Uji-t yang terdiri dari 4 perlakuan dan 2 ulangan yaitu P1  (Pemberian Rumput Lapangan 100%), P2 (Pemberian Rumput Lapangan 50% + Sprout Fodder 50%) P3 (Pemberian Rumput Lapangan  50% + Silase 50%), P4 (Pemberian Rumput Lapangan 50% + Sprout Fodder30% + Silase 20%). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pemberian pakan sprout fodder dan silase batang pisang berpengaruh nyata (P<0,01) terhadap ukuran tubuh domba penelitian dan perbedaan terjadi pada semua perlakuan memiliki perubahan yang berbeda  dan meningkat seiring dengan bertambahnya umur.

Kata Kunci : Domba Betina  Lokal, Sprout Fodder, Silase Batang Pisang,  Ukuran Morfologi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Berg, R. T., And R.M. Butterfield, 1987. New Conceps Of Cattle Growts. Sydney University Press. Sydney.

Church DC. Pond WG. 1995. Basic Animal Nutrion and Feeding. 4th. ed. New York (US): New York Press

Fraser FA, Broom DM. 1990. Fram Animal Behaviour. London (GB): Bailliiere Tindal Pr.

Hidayati N, Martawidjaja M, Inounu I. 2001. Peningkatan Protein Pakan untuk Pembesaran Domba Hasil persilangan. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan Dan Veteriner. Hlm. 235-240.

Heriyadi, D. 2012. Modul 1 Produksi Domba Dan Kambing Laboratorium Produksi Ternak Potong. Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Bandung.

Mulyono, S., 2000.Teknik Pembibitan Kambing dan Domba Edisi 2. Jakarta: PT. Penebar Swadaya.

Saputro, a., l. iwan., s.r. angga prastiya. 2018. Hydroponic agriculture maize fodder as feed substitution on livestock to increase sapera’s goat production, 1(2):16-9.

Septian, A. D., M. Arifin, dan E. Rian-to. 2015 pola pertumbuhan kambing kacang jantandi Kabupaten Grobongan. J. Anim. Agriculture. 4 (1) : 1-6.

Sudjana, M.A. 1997. Metode Statistik. Edisi ke-5. Penerbit Tarsito, Bandung.

Sutiyono, B., J. W. Nurul dan P. Endang. 2006. Studi performans induk kambing Peranakan Ettawa berdasarkan jumlah anak sekelahiran di Desa Banyuringin Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner.

Tillman, A.D., H. Hartadi, S. Reksohadiprojo. S. Prawirokusumo, dan S. Lebdosukojo. 1991. Ilmu Makanan Ternak Dasar. Gajdah Mada University Press. Yogyakarta

Tillman, A.D.,H. Hartadi, S. Reksohadiprojo. S. Prawirokusumo, dan S. Lebdosoekojo. 1989. Ilmu Makanan Ternak Dasar. Gajdah Mada University Press. Yogyakarta.

Utami, T. 2008. Pola Pertumbuhan Berdasarkan Bobot Badan dan Ukuran-ukuran Domba Lokal di Unit Pendidikan dan Penelitian Peternakan Jonggol. Program Studi Teknologi Produksi Ternak Institut Pertanian Bogor, Bogor. (Skripsi Sarjana Peternakan)

Williamson , G. Dan W. J.A. Payne. 1993. Pengantar Peternakan Di Daerah Tropis. Edisi Ketiga (Terjemahan) Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Zain, M. 2007. Optimalisasi penggunaan serat sawit sebagai pakan serat alternative dengan suplementasi daun ubi kayu dalam ransum ruminansia. J. Indon. Trop. Anim. Agric. 32 (2) : 100-106.

Zurahmah, N dan T. Enos. 2011. Pendugaan bobot badan calon pejantan sapi Bali menggunakan dimensi ukuran tubuh. Buletin Peternakan. 35(3):160-164


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.