PENGARUH KONSENTRASI GARAM YANG BERBEDA TERHADAP SIFAT FISIK ORGANOLEPTIK TELUR ASIN

Nurfina Nurfina

Sari


Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium MIPA Universitas Almuslim selama 30 hari dimulai pada bulan Oktober - November 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sifat fisik organoleptik telur asin dengan konsentrasi garam yang berbeda dan untuk menghasilkan telur asin dengan sifat fisik dan organoleptik yang disukai konsumen dengan konsentrasi garam yang berbeda. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Jika terdapat hasil yang berbeda nyata akan dilanjutkan dengan Uji Lanjut Duncan's Multiple Range Test (DMRT). Parameter yang diamati adalah uji organoleptik terhadap warna, aroma, rasa, dan tekstur. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh konsentrasi garam yang berbeda berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap sifat fisik organoleptik telur asin yaitu semakin tinggi penggunaan garam semakin meningkat tingkat kesukaan panelis terhadap warna dan tekstur telur itik asin sedangkan tingkat kesukaan panelis terhadap aroma dan rasa sedikit terjadi penurunan. Pada penelitian tersebut menghasilkan telur asin yang bertekstur masir pada kuning telur dan tidak terlalu asin pada bagian putih telurnya.

 

Kata kunci : Telur Asin, Konsentrasi Garam, Sifat Fisik Organoleptik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amir, S., S. Sirajuddin, N. Jafar, dan Rosmina. 2014. Pengaruh Konsentrasi Garam Dan Lama Penyimpanan Terhadap Kandungan Protein dan Kadar Garam Telur Asin. Jurnal. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Budiman, A., A. Hintono, dan Kusrahayu. 2012. Pengaruh Lama Penyangraian Telur Asin Setelah Perebusan Terhadap Kadar NaCl, Tingkat Keasinan Dan Tingkat Kekenyalan . Animal Agriculture Journal. 1(2); 219-227.

Fitri, C. A., S. Wajizah, dan M. R. Pangestu. 2016. Nilai Organoleptik Daging Ayam Broiler dengan Penambahan Prebiotik Immuno Forte® pada Berbagai Level Berbeda. Jurnal. Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

Hanifah, A. A., H. Amalia, M. Nurhayani, I. Hartati, dan B. Parameshela. 2017. Pengaruh Proses Penggaraman Tradisional Terhadap Rasio Kekerasan Dan Kemasiran Telur Asin. Jurnal. Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim. Semarang.

Isnani, R. A. 2018. Uji Organoleptik Perendaman Telur Asin Dengan Menggunakan Ekstrak Jeruk Purut. Skripsi. Fakultas Sains Dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Alauddin. Makassar.

Koswara, S. 2010. Teknologi Pengolahan Telur. Lecturer of Food Science and Technology. Agricultural University. Bogor.

Latipah, I. R., M. M. D. Utami, dan J. I. Sanyoto. 2017. Pengaruh Konsentrasi Garam Dan Umur Telur Terhadap Tingkat Kesukaan Konsumen Telur Asin. Jurnal. Universitas Politeknik Negeri. Jember.

Novia, D., Melia dan N. Z. Ayuza. 2011. Kajian Suhu Pengovenan Terhadap Kadar Protein Dan Nilai Organoleptik Telur Asin. Jurnal Peternakan. 8(2); 70-76. Semarang.

Purwanti, H. 2012. Kadar Protein dan Vitamin B1 Dadih Formulasi Susu Kacang Hijau dan Susu Sapi yang Berbeda dengan Aroma Mangga Kweni. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta

Putera, M. A. B. 2019. Pengaruh Penambahan Ekstrak Buah Nangka (Artocaprus heterophyllus) Dengan Konsentrasi Yang Berbeda Terhadap Kualitas Sensoris Telur Asin. Skripsi. Fakultas Sains Dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Alauddin. Makassar.

Ratnasari, Z. 2014. Penggunaan Garam, Sukrosa dan Asam Sitrat Konsentrasi Rendah Untuk Mempertahankan Mutu Fillet Ikan gabus (Channa Striata) yang Disimpan Pada Suhu 40C. Jurnal. Fishtech : Vol III No.

Rukmiasih., N. Ulupi, dan W. Indriani. 2015. Sifat Fisik, Kimia dan Organoleptik Telur Asin Melalui Penggaraman Dengan Tekanan dan Konsentrasi Garam Yang Berbeda. Jurnal. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Sultoni A. 2014. Pengaruh konsentrasi larutan asam asetat dan lama perendaman terhadap beberapa karakteristik telur asin dari telur itik Jawa (Anas javanicus). Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, Jatinangor.

Wahyudi, E. P., N. Jafar, dan S. Sirajuddin. 2014. Pengaruh Konsentrasi Garam Dan Lama Penyimpanan Terhadap Daya Terima Produk Telur Asin Rebus Pada Mahasiswa Ilmu Gizi FKM Universitas Hasanuddin. Skripsi. Fakultas Kesehatan Universitas Hasanu


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.