PENGARUH JARAK TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN RUMPUT RAJA (Pennisetum purpupoides)

Hendriyansah Hendriyansah, Chairul Fadli

Sari


Penelitian telah dilaksanakan di Desa Lueng Daneun Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen selama 60 hari dimulai pada bulan Oktober 2019 sampai dengan Desember 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh jarak tanam terhadap pertumbuhan rumput raja dan untuk mengetahui berapa jarak tanam yang tepat pada penanaman rumput terhadap tinggi tanaman, jumlah daun dan lingkar batang rumput raja. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Jika terdapat hasil yang bebeda nyata, maka dilakukan uji lanjut BNT (Beda Nyata Terkecil). Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman rumput, jumlah daun tanaman, dan lingkar batang. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh jarak tanam yang berbeda menunjukkan perbedaan yang sangat nyata (P<0,01) terhadap masing-masing perlakuan. Rataan tertinggi untuk tinggi tanaman rumput terdapat pada perlakuan P3 dengan jarak tanam 50 cm x 40 cm yaitu 252 cm, rataan tertinggi untuk jumlah daun tanaman terdapat pada perlakuan P2 dan P3 dengan jarak tanam 50 cm x 30 cm dan 50 cm x 40 cm yaitu 20 helai, dan rataan tertinggi untuk lingkar batang rumput raja terdapat pada perlakuan P3 dengan jarak tanam 50 cm x 40 cm yaitu 8,075 cm.

 

Kata kunci :Jarak Tanam, Rumput Raja dan Pertumbuhan Rumput Raja.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryanto dan D. Polakitan. 2013. Uji produksi rumput dwarf (Pennisetum purpureum CV. Dwarf). Jurnal Ilmiah, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. Sulawesi Utara.

Marzuki, Murniati, dan Ardian. 2013. Pengaruh Jarak Tanam Dan Dosis Pupuk Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Padi Sawah (Oryza sativa L.) Dengan SRI. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Riau. Pekanbaru.

Masdar, M. Karim, B. Rusman, N. Hakim dan Helmi. 2010. Tingkat Hasil dan Komponen Hasil Sistem Intensifikasi Padi (SRI) Tanpa Pupuk Organik di Daerah Curah Hujan Tinggi. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Indonesia. Volume 8, No.2. Hal 126-131.

Munawar, A. 2011. Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman. PT. IPB Pres. Bogor.

Paci, S. W. H. 2015. Pengaruh Pemupukan N Dan Interval Defoliasi Terhadap Alokasi Biomassa Rumput Benggala (Pannicum maximum) Dan Rumput Signal (Brachiaria decumbens). Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Pambayun, R. 2012. Pengaruh Jarak Tanam terhadap Produksi Beberapa Sayuran Indigenous. Skripsi. Program Studi Hortikultura. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Regitasari, A. 2019. Pengaruh Varietas dan Jarak Tanam yang Berbeda Terhadap Tinggi Tanaman, Lebar Daun, dan Proporsi Batang dan Daun Pada Hijauan Jagung. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Riady, M. R. 2015. Pengaruh Pemberian Pupuk Urea Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Rumput Gajah (Pennisetum purpureum). Skripsi. Fakultas Peternakan. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Suyitman. 2014. Produktivitas Rumput Raja (Pennisetum purpupoides) Pada Pemotongan Pertama Menggunakan Beberapa Sistem Pertanian. Jurnal Peternakan Indonesia. Universitas Andalas. Padang.

Wijaya. K. A. 2012. Nutrisi Tanaman, Sebagai Penentu Kualitas Hasil dan Resistensi Alami Tanaman. Prestasi Pustaka. Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.