PENGARUH KONSENTRASI GARAM YANG BERBEDA TERHADAP INDEKS KUNING DAN PUTIH TELUR ITIK ASIN

Dian Safitri, Zulfikar Zulfikar

Sari


Penelitian telah dilakukan di Laboratorium MIPA Universitas Almuslim selama 30 hari dimulai pada bulan Oktober sampai dengan November 2019. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh konsentrasi garam yang berbeda terhadap indeks kuning dan putih telur itik asin dan untuk mengetahui nilai tertinggi dan terendah indeks kuning dan putih telur itik yang diasinkan dengan konsentrasi garam yang berbeda.Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Parameter yang diamati adalah indeks kuning telur dan indeks putih telur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh konsentrasi garam yang berbeda tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap indeks kuning dan putih telur itik asin. Rataan tertinggi indeks kuning telur terdapat pada perlakuan P3 (konsentrasi garam 350 gr) yaitu masing-masing senilai 0,48mm dan terendah terdapat pada perlakuan P0 (konsentrasi garam 0 gr) dengan nilai masing-masing yaitu 0,43mm. Rataan tertinggi indeks putih telur terdapat pada perlakuan P3 (konsentrasi garam 350 gr) yaitu 0,19mm dan rataan terendah terdapat pada perlakuan P1 (konsentrasi garam 250 gr) dan P2 (konsentrasi garam 300 gr) masing-masing senilai 0,15mm.

 

Kata kunci : Konsentrasi Garam, Indeks Kuning Telur, Indeks Putih Telur, Telur Itik Asin.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alleoni, A. C. C and A. J. Antunes. 2014. Albumen foam stability and s- ovalbumin contents in eggs coated with whey protein concentrate. Rev. Bras. Cienc. Avic. Vol. 6. No.2. Campinas. Revista Brasileira de Ciencia AvicolaAlbumen foam stability aqnd s-ovalbumin contents in e 4/9/05.

Kurtini, T., Nova, dan D. Septinova. 2011. Produksi Ternak Unggas. Jurnal. Anugerah Utama Raharja. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Mulyadi, R. 2010. Kualitas Fisik Telur Ayam Ras Dan Telur Itik Yang Diawetkan Dengan Ekstrak Daun Jambu Biji (Psidium guajava linn) Dan Daun Jati (Tectona grandis) Pada Lama Penyimpanan Yang Berbeda. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. Riau.

Munir, I. M dan S. W. Rina. 2012. Uji Organoleptik Telur Asin Dengan Konsentrasi Garam Dan Masa Peram Yang Berbeda. Jurnal. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. Banten.

Purwati, D., M. A. Djaelani, dan E. Y. W. Yuniwarti. 2015. Indeks Kuning Telur (IKT), Haugh Unit (HU) dan Bobot Telur Pada Berbagai Itik Lokal di Jawa Tengah. Jurnal Biologi. Fakultas Sains dan Matematika. Universitas Diponegoro. Jawa Tengah.

Riawan. 2017. Pengaruh Perendaman Telur Menggunakan Larutan Daun Kelor Terhadap Kualitas Internal Telur Ayam Ras. Skripsi. Fakultas Pertanian. Lampung.

SNI (Standar Nasional Indonesia). 2008. Kumpulan SNI Bidang Pakan. Direktorat Budidaya Ternak Non Ruminansia. Direktorat Jenderal Peternakan. Departemen Pertanian. Jakarta.

Tarigan, R. L. B., dan K. A. Kadek. 2016. Kualitas Telur Asin Bermedia Kulit Manggis (Garcinia mangostana L) Berdasarkan Indeks Putih Telur, Kuning Telur, dan Haugh Unit. Jurnal. Fakultas Kedokteran Hewan. Universitas Udayana. Bali.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.