ANALISIS BIAYA PRODUKSI LIMBAH LOKAL SEBAGAI BAHAN PAKAN DOMBA LOKAL JANTAN

Feri Andika, Sitti Zubaidah

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini akan dilakukan di desa Matang Sago Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh mulai tanggal 13 November 2017 sampai dengan 13 Februari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jumlah modal yang dikeluarkan dan jumlah pendapatan yang diperoleh dalam usaha peternakan domba lokal jantan yang diberikan limbah lokal sebagai pakan tambahan. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Bujur Sangkar Latin (RBSL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Parameter yang diamati adalah Biaya Produksi, Pendapatan/penerimaan, Keuntungan, Benefit Cost Ratio, dan Penyusutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha ternak domba lokal jantan di Desa MatangĀ  Sagoe Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen tidak layak untuk dikembangkan dengan nilai B/C Ratio yaitu 0,85.

Kata kunci : Analisis Biaya, Limbah Lokal, Domba Lokal Jantan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Badan Pusat Statistik. 2016. Jumlah Produktivitas Tanaman Pisang dan Tanaman Ubi Kayu di Kabupaten Bireuen. BPS.Bireuen.

Indriyantoro dan Supomo. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. BPFE. Edisi Pertama. Yogyakarta.

Mulyadi, 2005.Akuntansi Biaya. Buku.Edisi Kelima. Yogyakarta; UPPAMP YKPN Universitas Gajah Mada.

Rodjak. 2013. Ilmu Perencanaan Analisis Finansial. Buku. Rineka Cipta. Jakarta.

Sirajuddin. 2012. Penuntun Praktikum Penilaian Status Gizi Secara Biokimia Dan Antroprometri. Jurnal. Universitas Hasanuuddin. Makassar.

Siregar, S. B. 2007. Penggemukan sapi. Buku. Penebar Swadaya, Jakarta: vi + 114 hlm.

Soekartawi. 2011. Analisis Usaha Tani. UI-Press. Jakarta.

Suharno, B. dan Nazaruddin. 2004. Ternak Komersial.Buku.Penebar Swadaya. Jakarta

Suminar, D, R. 2016. Jenis Hijauan Pakan Pada Peternakan Kambing Rakyat di Desa Cigobang, Kecamatan Pasalengan, Kabupaten Cirebon. Provinsi Jawa Barat. Skripsi. Depatemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor.

Swastha, B dan I. Sukatjo. 2011. Pengantar Bisnis Modern.Buku.Liberty. Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.