PENGARUH TINGKAT INTENSITAS PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN JUMLAH ANAKAN PADA RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum)

Syahrul Azmi A

Sari


ABSTRAK

Suatu penelitian telah dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Tingkat Intensitas Penyiraman Terhadap Pertumbahan Dan Jumlah Anakan Pada Rumput Gajah (Pennisetum purpureum). Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari faktorial air (P) yaitu; P0 Tanpa penyiraman(Kontrol) P1;  Penyiraman 1 Hari l kali, P2 : Penyiraman 2 hari 1 kali, P3 : Penyiraman 3 hari 1 kali, P4 : Penyiraman 4 hari 1 kali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas penyiraman berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan pada rumput gajah. Perlakuaan terbaik di jumpai pada perlakuan ke 2 yaitu  penyiraman 1 hari 1 kali 49,41 di bandingkan dengan perlakuan P 3 yaitu penyiraman 3 hari 1 kali 36,68. dan intensitas penyiraman berpengaruh nyata terhadap jumlah anakan. Perlakuan terbaik di jumpai pada perlakuan ke 2 yaitu penyiraman 1 hari 1 kali 3,20, di bandingkan dengan perlakuan P 0 (kontrol) 1,80.

 

Kata Kunci : Rumput Gajah, Air.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Gold Whorthy dan Fisher. 1997. Rumput Raja (Pennisetum purpurides) vs Rumput Gajah (Pennisetum purpureum). Tribus Tahun 11, No. 16 Jakarta.

Islami dan Utomo. 1995.Pemanfaatan Mikroriza Untuk Penanggulanggan Lahan Kritis. Makalah Falsafah Sains Program Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor.

Mansyur., Nyibas ., P . Indrani., Lin Susilowati., Tidi dhalalika. 2005. Pertumbuhan Dan Produktifitas Tanaman Pakan Ternak Di Bawah Naungan kebun Pisang. Prosiding lokal karya Tanaman Pakan Ternak. Badan Litbang Pertanian.

Moenandar. D.E,S. Abdullah, D. Muljanto, Soekodarmadjo M. Dan A. Mass, 1995. Pengaruh Bahan Organik Dan Potensial Air Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kakao. Pelita Perkebunan vol . 11 No. 3 Jember.

Robert J. Kodoartie. 1997. Budidaya Rumput Gajah. Penynting Subandi, M.Syam dan A. Widjono. Puslitbang Hijauan Makanan Ternak. Bogor

Sinaga. R. 2008 Keterkaitan Nisbah Tajuk Akar Dan Efesiensi Air Pada Rumput Gajah Dan Rumput Raja Akibat Penurunan Kapasitas Air Tanah. Jurnal Biologi Sumatra. Januari 2008. Hlm 29-35.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.