FERMENTASI LIMBAH KULIT KOPI MENGGUNAKAN Trichoderma ressei TERHADAP KUALITAS NUTRISI PAKAN TERNAK

Afrina Ramalani

Sari


ABSTRAK

Fermentasi merupakan suatu pengawetan dalam bentuk segar suatu substrat organik yang dihasilkan oleh mikroorganisme kimia  melalui aktivitas enzim yang dihasilkan oleh mikroorganisme tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama fermentasi limbah kulit kopi dengan menggunakan Trichoderma ressei terhadap kandungan nutrisi pakan ternak. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial dengan 2 faktor, 3 taraf, dan 2 ulangan. Faktor A adalah lama fermentasi (A1= 4 hari fermentasi A2= 8 hari fermentasi A3= 12 hari fermentasi) dan faktor B adalah dosis kapang (B1= 2.13 x 104cc B2= 2.13 x 105cc B3= 2.13 x 106 cc). Hasil penelitian menunjukkan lama fermentasi limbah kulit kopi menggunakan Trichoderma ressei tidak terdapat interaksi (P>0.05) terhadap kandungan bahan kering, bahan organik, protein kasar, lemak kasar, dan serat kasar. Perlakuan terbaik untuk bahan kering, lemak kasar, dan serat kasar terdapat pada lama fermentasi 8 hari dengan persentase kapang 2.13 x 104 cc dan 2.13 x 105 cc untuk bahan kering. Sedangkan untuk bahan organik perlakuan terbaik terdapat pada lama fermentasi 12 hari dengan persentase kapang 2.13 x 106 cc dan untuk protein kasar terdapat pada lama fermentasi 4 hari dengan persentase kapang 2.13 x 105 cc.

Kata Kunci : Fermentasi, Limbah Kulit Kopi, Nutrisi Pakan, Trichoderma ressei


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Hagglund P, Eriksson T, Collen A, Nerinckx W, Claeyssens M, Stalbrand H. 2003. Cellulose binding module of the Trichoderma ressei betamannanase Man54 increases the mannan hydrolysis of complex substrates. Jour Biotechnol27(1):37-48.

Lisnawati.2016. Lama FermentasiKulitPisang Dan KulitUbiKayuDenganRhizopusoligosporusTerhadapKandungan Protein Kasar, LemakKasar, Dan SeratKasar.Skripsi. Program StudiPeternakanFakultasPertanian. UniversitasAlmuslim. Bireuen.

Mulyana.2016. Lama FermentasiKulitPisang Dan KulitUbiKayuDenganRhizopusoligosporusTerhadapKandunganBahanKering, BahanOrganik, Dan Kadar Abu.Skripsi. Program StudiPeternakanFakultasPertanian. UniversitasAlmuslim. Bireuen.

Novianti, N. 2014. Kandungan Bahan Organik, Bahan Kering, Dan protein Kasar Ransum berbahan Jerami Padi Daun Gamal Dan Urea Mineral Molases Liquid Dengan Perlakuan Yang Berbeda. Skripsi. Fakultas Peternakan. Universitas Hasanuddin. Makkasar.

Steel, R. G. D dan H. Torrie. 1995. Prinsip dan Prosedur Statistika Suatu Pendekatan Biometrik. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Surono. Soejono.M. dan S,P,S, Budhi.2006. Kehilangan bahan kering dan bahan organik silase rumput gajah pada umur potong dan level aditif yang berbeda. Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro. Semarang.

Triyanto, E., B. W. H. E. Prasetiyono dan S. Mukodiningsih. 2013. Pengaruh Bahan Pengemas dan Lama Simpan Terhadap Kualitas Fisik dan Kimia Wafer Pakan Komplit Berbasis Limbah Agroindustri. J. Anim. Agr. 2. (1): 400-409.

Zakariah, M.A, 2012. Fermentasi Asam Laktat Pada Silase. Fakultas Peternakan. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.