PEMANFAATAN LIMBAH PERTANIAN SEBAGAI PAKAN TERHADAP DAYA CERNA DOMBA JANTAN

Dedi Supriadi, Suryani .

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini telah dilakukan di Desa Blang Guron Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen selama 3 bulan dimulai pada tanggal 22 November 2017 sampai dengan 02 Februari 2018.Analisa daya cerna bahan kering, serat kasar, dan lemak kasar dilakukan di Laboratorium MIPA Universitas Almuslim.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah kecernaan pakan ternak domba yang diberikan limbah pertanian seperti kulit kakao, kulit ari kedelai dan dedak padi sebagai bahan pakan.Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Bujur Sangkar Latin (RBSL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan.Parameter yang diamati adalah kecernaan bahan kering, kecernaan serat kasar, dan kecernaan lemak kasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan limbah pertanian sebagai pakan tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap daya cerna domba jantan. Rataan tertinggi untuk kecernaan bahan kering dan lemak pasar  pada perlakuan P0 (kontrol), rataan tertinggi untuk kecernaan serat kasar pada perlakuan P1.

                                                                                         

Kata kunci:limbah pertanian, domba, dayacerna

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Basri.2014. Kecernaan Bahan Kering dan Bahan Organik Ransum Komplit dengan Kandungan Protein Berbeda pada Kambing Marica jantan.Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Despal. 2000. Kemampuan Komposisi Kimia dan Kecernaan In Vitro Dalam Mengestimasi Kecernaan In Vivo. Media Peternakan 23 (3): 84-88.

Fathul , F dan S. Wajizah, 2010. Penambahan Mikromineral Mn dan Cu dalam Ransum Terhadap Aktivitas Biofermentasi Rumen Domba Secara In Vitro. Jurnal Ilmu Ternak dan Veteriner, 15(1):9-15.

McDonald, P., R. Edwards dan J. Greenhalgh. 2002. Animal Nutrition. 6th Edition, New York.

Maynard, L. A., J. K Loosli, H. F Hintz dan R. G Warner, 1983. Animal Nutrition.Sevent Edition.Hill Publising Company Limited. New Delhi.

Pramono, E. 2016.Daya Cerna Bahan kering Dan Bahan Organik Pelet Pakan Komplit Berbasis Tongkol Jagung Dengan Sumber Protein Berbeda Pada Kambing.Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Rifai, dan Zulyadnan.2009. Kecernaan Ransum Berbasis Jerami Padi yang diberi Tepung Daun Murbei sebagai Substitusi Konsentrat pada Sapi Peranakan Ongole.Fakultas Peternakan, Institut Pertanian. Bogor.

Thaariq, S. M. H. 2017. Pengaruh Pakan Hijauan Dan Konsentrat Terhadap Daya Cerna Pada Sapi Aceh Jantan. Skripsi.Vol. 8 No. 2.

Tillman, A. D., H. Hartadi, S. Reksohadiprojo, S. Prawirokusomo dan S. Lebdosoekojo. 1991. Ilmu Makanan Ternak Dasar. Gadjah Mada University Press.Yogyakarta.

Van Soest, P. J. 1994. Nutritional Ecology of The Ruminant. Second Edition.Comstock Publishing Associates Cornell University Press.Adivision of Ithaca and London.

Wartoyo, E. E. 2015. Daya Cerna Serat Kasar dan Protein Kasar Wafer Tongkol Jagung Mengandung Sumber Protein Berbeda Pada Kambing Kacang Jantan.Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Yusmadi.2008. Kajian Mutu dan Palatabilitas Silase dan Hay Ransum Komplit Berbasis Sampah Organik Primer pada Kambing PE.Tesis. Bogor: Program Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.